Yuk, Kenali Dahulu Apa Itu IPO

Ilustrasi Gambar Perusahaan yang melakukan IPO - Bisnis Muda - Canva.com

Ilustrasi Gambar Perusahaan yang melakukan IPO - Bisnis Muda - Canva.com

Like

Bila ingin menjadi investor handal jangan hanya ikut-ikutan saja dan hanya ingin terjun karena sedang tren. Dalam dunia investasi, saham memang sudah lama menjadi aset penting bagi masyarakat yang paham dalam memainkannya untuk dapat mewujudkan tujuannya yaitu mengejar keuntungan.

Investasi saham sekarang menjadi tren kembali. Sudah banyak perusahaan-perusahaan atau startup membuka saham untuk para investor diperusahaan tersebut. Investasi saham menjadikan nilai uang yang dapat bertambah secara signifikan atau lebih tinggi dari pada hasil menyimpan uang di bank saja.

Investasi saham bisa menjadi daya tarik seseorang bagi yang mengerti dan siap untuk menanggung risiko apapun yang akan terjadi nantinya, dengan begitu ia akan mendapatkan keuntungan dari sahamnya yaitu keuntungan yang akan bertambah pada waktu tertentu.

Sebelum terjun lebih dalam, para investor pemula lebih dulu harus mengetahui lebih lanjut tentang istilah-istilah dalam investasi saham, salah satunya adalah IPO atau yang dikenal sebagai Initial Public Offering.

 

Ilustrasi Gambar Saham yang dapat menguntungkan

Ilustrasi Gambar Saham yang dapat menguntungkan

 

Apa itu IPO?

Dijelaskan dari modalrakyat.id, IPO lebih merujuk pada perusahaan yang baru pertama kali melantai di bursa saham Indonesia atau BEI. Yang pada awalnya saham-saham ini berbentuk private, setelah melakukan IPO, akhirnya sudah dapat di beli oleh masyrakat umum. Tetapi, tidak sembarangan perusahaan bisa melakukan IPO lho, Be-emers, karena Bursa Efek Indonesia mengeluarkan peraturan-peraturan yang ketat untuk perusahaan IPO.

Perusahaan yang baru mau melakukan IPO biasanya akan diumumkan secara terbuka melalui Bursa Efek Indonesia pada halaman website resminya. IPO menjadi tanda bahwa perusahaan sudah resmi di Indonesia dan sudah mendapatkan perizinan untuk menjual sahamnya kepada publik.


Dengan dilakukannya IPO,  perusahaan dapat mendapatkan modal lebih besar lagi dari para investor ini. Awalnya perusahaan ini tertutup dan sekarang sudah menjadi perusahaan terbuka bagi masyarakat luas yang ingin berinvestasi.
 

Keunggulan Saham IPO

Para investor bisa mendapatkan keuntungan dari saham IPO. Ada beberapa kentungan yang bisa didapatkan investor saat melakukan investasi saham, mengutip dari cermati.com, antara lain:
  • Mendapatkan keuntungan yang tinggi. Yaitu para investor akan mendapatkan cuan yang lebih besar. Karena dlihat dari risiko kegagalan dalam investasi di IPO ini masih bisa diminimalisir.
  • Modal awal yang masih terjangkau. Modal awal masih rendah, karena adanya ketentuan untuk  membeli saham ini terbatas.
  • Mudah dan fleksibel dalam melakukan trading. Investor bisa sangat mudah dan fleksibel dalam melakukan trading sama IPO, karean sudah banyaknya fasilitas trading yang berbasis online saat ini. Seperti adanya aplikasi yang sudah terjamin dalam menawarkan kemudahan dalam melihat melihat trading.