Deretan Klub-Klub Sepak Bola Termahal di Dunia Saat Ini!

Football Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Football Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr


Bicara perihal investasi, ternyata hal itu dapat hadir dan muncul dari segala hal. Salah satunya, investasi yang dilakukan oleh klub sepak bola seluruh dunia.

Investasi yang dimaksudkan yakni dalam bentuk peningkatan market value serta aset klub, dengan menghadirkan pemain atau bahkan mega bintang yang berpotensi meningkatkan nama baik klub tersebut ataupun value untuk pemain itu sendiri.

Sebagai contoh, klub sepak bola tersebut dapat menjadi pemicu pemainnya agar semakin terasah talentanya bisa mendatangkan keuntungan lewat kemenangan tim sepak bola dengan torehan kemenangan atau trofi.

Bahkan, sebuah klub dapat menjadikan pemain tersebut sebuah aset yang sewaktu-waktu memiliki nilai penjualan yang jauh lebih tinggi saat kredibilitasnya semakin meningkat. Sebab, berhasil mengantarkan klubnya meraih sebuah trofi.

Market value tersebut juga dapat menjadi acuan tolak ukur mahalnya atau jumlah aset yang dimiliki oleh sebuah klub sepak bola tersebut.


Menariknya, COVID-19 tak menjadikan sebuah alasan klub sepak bola dalam meningkatkan market value. Beberapa klub sepak bola bahkan melakukan transaksi pada bursa transfer dengan mendatangkan pemain mega bintang layaknya Lionel Messi yang berpindah ke Paris Saint German (PSG), hingga Cristiano Ronaldo yang kembali merumput bersama Manchester United.

Bersamaan dengan itu, terhitung tepat pada 31 Agustus kemarin merupakan ditutupnya jendela transfer musim panas tahun 2021 membuat dapat disimpulkannya beberapa deretan klub sepak bola termahal didunia yang telah berhasil dihimpun dari transfermarkt.com


Berikut Deretan Klub Sepak Bola Termahal Didunia Saat Ini!

 

Manchester City

Klub sepak bola asal kota Manchester, Inggris yang juga tergabung pada Liga Premier Inggris ini menorehkan catatan sebagai klub sepak bola termahal saat ini dengan valuasi sebesar €1.04 miliar atau sekitar Rp16.8 triliun. Hal itu menjadikan Manchester City satu-satunya klub sepak bola di dunia yang berhasil mencapai valuasi sebesar 1 miliar euro.

Klub asuhan Pep Guardiola ini terhitung telah melakukan transaksi terakhirnya pada musim panas ini dengan mendatangkan Jack Grealish yang nantinya berencana ditempatkan pada posisi gelandang dengan nilai transfer sebesar Rp2.1 triliun.
 

Paris Saint-German (PSG)

Selanjutnya disusul dengan klub sepak bola asal Paris, Prancis yang juga tergabung pada Ligue 1 dengan mencatatkan valuasi sebesar €998 juta atau sekitar Rp16.7 triliun.

PSG berhasil menorehkan catatan valuasi tersebut setelah berhasil mendatangkan beberapa pemain mega bintang seperti Sergio Ramos, Georginio Wijnaldum hingga Lionel Messi.
 

Manchester United

Pada urutan selanjutnya, hadir juga klub sepak bola mahal asal kota Manchester, Inggris yang tergabung pada Liga Premier Inggris. Klub itu apalagi kalau bukan Manchester United, yang berhasil menorehkan valuasi sebesar €937.3 juta atau sekitar Rp15.7 triliun.

Dengan torehan tersebut terbukti Manchester United telah berhasil mendatangkan beberapa pemain bertalenta seperti Jadon Sancho dengan nilai transaksi €100 juta atau sekitar Rp1.6 triliun serta berhasil mendatangkan kembali pemain mega bintang Cristiano Ronaldo yang cukup membuat publik tercengang.

Baca Juga: Berikut Sejarah Singkat Manchester United dan Sekilas Fakta Menariknya
 

Chelsea

Selanjutnya, klub bola termahal jatuh kepada klub sepak bola yang tergabung pada Liga Premier Inggris juga yang terletak di London, Inggris yang memiliki valuasi sekitar €881.5 juta atau sekitar Rp14.8 triliun.

Chelsea juga diketahui melakukan transaksi terakhirnya dengan mendatangkan pemain asal Inter Milan yaitu Romelu Lukaku dengan nilai transaksi sebesar €100 juta atau sekitar Rp1.6 triliun.
 

Liverpool

Di deretan terakhir terdapat klub sepak bola asal kota Liverpool, Inggris yang juga tergabung pada Liga Premier Inggris dengan memiliki nilai valuasi sebesar €879,5 juta atau sekitar Rp14.7 triliun.

Liverpool juga tercatat melakukan transaksi terakhirnya dengan mendatangkan Ibrahima Konate dengan nilai transaksi sebesar €35 juta atau sekitar Rp588 miliar.

Baca Juga: Harus Hidup Mandiri Tanpa APBD, Ini Cara Klub Bola Eks Perserikatan Cari Cuan