Manfaat dan Kekurangan dalam Menggunakan Giro

Ilustrasi Gambar Penghitungan Tanggal Dalam Keungan Giro - Bisnis Muda - Canva.com

Ilustrasi Gambar Penghitungan Tanggal Dalam Keungan Giro - Bisnis Muda - Canva.com

Like

Kembali lagi ngomongin masalah keuangan yuk, Be-emers! Sebagai masyarakat awam yang belum mengetahui apa itu giro serta manfaatnya, tentunya kita akan kebingungan dan tidak paham.

Tetapi, bagi masyarakat yang suka melakukan B2B (Business-to-Business) atau berbisnis dengan perusahaan atau startup, pasti sudah sangat paham tentang giro ini apa. Giro adalah salah satu pekerjaan dunia perbankan yang setiap harinya mengurus rekening giro untuk nasabahnya.

Bila Be-emers sering melakukan transaksi di ATM (anjungan tunai mandiri), pasti dalam transaksi tersebut suka ada pilihan berupa pilihan tabungan giro atau tabungan mandiri.  Lantas, apa itu giro dan manfaat serta kekurangannya?

Baca Juga: 

 

Apa Itu Giro?

Giro merupakan salah satu produk perbankan yang menjadi perantara untuk pihak ketiga. Mengutip dari kumparan.com, giro adalah surat pemindahan dana antar rekening atau produk simpanan bank, yang dalam penarikan dananya harus menggunakan Cek atau Bilyet Giro.


Dalam prosesnya, bisa dengan perintah tanpa syarat apapun atau pemindahan pembukuan sejumlah dana rekening dengan pemiliki ke rekening penerimanya.

Setiap melakukan transaksi antar rekening, sudah pasti ada bunga. Salah satunya adalah suku bunga pada giro.

Suku bunga giro masih terbilang kecil dan rendah jika dibandingkan dengan tabungan dan deposito. Sebab, hal ini dikarenakan simpanan giro sewaktu-waktu dapat diambil dan ditarik sampai batas waktu yang sudah ditentukan oleh pihak bank dan nasabah giro, dikutip teropong.id.

Saat melakukan penarikan dana pada giro, ada salah satu yang saling berkaitan dengan Giro yaitu Bilyet Giro atau bisa dibilang surat giro itu sendiri. Bilyet Giro yang merupakan surat berharga ialah suatu surat perintah dalam pemindahan pembukuan yaitu dari nasabah pada salah satu Bank dan dengan Bank yang bersangkutan.

Mengutip dari pengajar.co.id, dalam kepemilikian giro, biasanya juga ada nasabah yang disebut sebagai Giran. Giran dalam istilah Giro ialah badan hukum, badan usaha atau bisa perseorangan yang membutuhkan layanan transaksi dana keuangan berjumlah sangat besar.

Nah, buat para pengguna giro atau Be-emers yang baru ingin menggunakan Giro, perlu diingat bahwa giro juga pasti memiliki kekurangan serta manfaat nih.
 

Manfaat Pada Giro, Ada Apa Aja yah?

Ada beberapa manfaat dalam penggunaan Giro, duikutip dari seputaranilmu.com, antara lain :
  • Kepemilikan atas rekening giro jika ingin melakukan pembayaran dalam transaksis jual beli dengan jumlah dana keuangan yang cukup besar bisa menggunakan Cek atau Bilyet Giro.
  • Simpanan yang berbentuk giro dapat ditarik kapan saja nasabah mau, sehingga ketika nasabah membutuhkan dana yang mendakakan dalam bentuk dana tunia bisa cepat segera dicairkan. Sebab, berbeda dengan deposito yang memiliki jangka waktu dalam pencariannya dengan waktu yang ditentukan
  • Nasabah yang memiliki rekening giro tidak perlu repot-repot untuk membawa uang tunai dalam jumlah yang cukup besar, karena nasabah bisa menggunakan Cek atau Bilyet Giro.
  • Dalam proses administrsinya bisa dilakukan dengan baik, karena nasabah wajib mendapatkan rekening Koran setiap bulannya.
Dengan adanya manfaat tersebut, nasabah dapat dengan mudah dalam melakukan transaksi dalam jumlah besar. Tetapi, selain ada manfaat yang dapat menguntungkan nasabah, rupanya ada juga kekurangan pada giro untuk nasabahnya.

 

Apa Saja Kekurangan Giro?

Setiap transaksi dengan menggunakan rekening, sudah pasti mendapatkan kekurangan tersendiri. Kekurangan giro dilansir dari kumparan.com, antara lain :
  • Dalam melakukan pencarian dana harus menggunakan tanggal yang bagus atau efektif giro dan tidak dapat langsung menerima hasil penjualannya bagi penerima giro atau penjual. Sebab, nasabah pengguna giro ini tidak dapat langsung mencarikan dana tersebut.
  • Giro yang memiliki tanggal tenggang waktu dalam pencairannya, sehingga bagi para penerima giro harus sering dan rajin dalam mengecek  kapan tanggal jatuh temponya.
  • Rentan terjadinya penipuan dalam menggunakan Surat Giro atau Bilyet Giro serta Cek yang isinya bisa saja kosong.
  • Dalam melakukan transaksis Giro, Giro tidak dapat dibatalkan begitu saja, jika Bilyet Giro sudah dikeluarkan oleh pihak tertentu.