Bijaklah Menyikapi Si Manusia Introvert

Manusia introvert (Sumber gambar: dimensipers.com)

Manusia introvert (Sumber gambar: dimensipers.com)

Like

Pernahkah kamu menemui seorang teman yang sulit untuk diajak berkumpul, atau sekadar “ngopi bareng” di cafe dekat sekolah? Atau teman yang sedikit bicara dan merasa senang dengan dunianya sendiri?

Jika jawabannya pernah, maka kamu wajib mencari tahu kepribadian temanmu yang satu ini! 

Di dalam dunia psikologi manusia, tanda atau ciri dari manusia di atas tergolong ke dalam kepribadian intovert. Istilah introvert ini dikenal dengan kepribadian yang unik dan menjadi salah satu tanda tanya besar bagi sebagian masyarakat.

Kepribadian introvert merupakan sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya.

Di dalam kondisi seperti ini, seseorang yang didominasi kepribadian introvert cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan serta memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru.


Atau, bisa kita garis bawahi dengan kata “individualis” atau tidak bisa melibatkan banyak orang. Maka dari itu, jangan merasa khawatir atau bahkan beranggapan aneh jika berada di lingkungan manusia introvert.

Kecenderungan mereka akan kesendirian itu, membuat mereka justru lebih nyaman untuk menjalani setiap rutinitas dan berbagai macam dinamika hidup mereka. Yang terpenting adalah bagaimana kita bersikap adil dan mensyukuri ciptaan Allah, dengan berbagai macam kekurangan dan kelebihan yang dimiliki manusia di muka bumi ini.

Tidak hanya itu, introvert juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan analisa hal-hal rumit dan lebih mudah untuk berkonsentrasi saat memecahkan masalah.

Siapa sangka, dibalik kemampuan uniknya manusia introvert, ternyata ia mampu memecahkan masalah melalui versi terbaiknya sendiri. Tak perlu beramai-ramai orang untuk memecahkan suatu masalah.

Cukup diam untuk menganalisa penyebab dari masalah tersebut, dan kemudian ia membutuhkan konsentrasi yang tenang dalam menemukan solusi dari titik permasalahan. Kemampuan yang unik bukan?

Lantas, bagaimana salah satu sikap terbaik kita dalam menyikapi kepribadian si manusia introvert?

Bertindaklah sesuai dengan sifatnya. Doronglah ia dan jangan sekali mencoba untuk memaksanya berbicara dan terbuka di depan umum.

Sebab, mereka juga memiliki pendapatnya sendiri. Hanya saja, hal itu sulit dan segan untuk diutarakan.

Namun percayalah, mereka akan mengutarakan pendapatnya pada timing yang tepat. Terakhir adalah dengarkan dan hargailah perasaanya. Mereka sebenarnya juga membutuhkan teman setia yang selalu ada, serta mampu menjadi pendengar yang baik untuk dirinya. 

Maka, mulai sekarang bijaklah kita dalam menyikapi manusia introvert. Bagaimanapun juga, kita sesama manusia harus saling menghargai dan menerima perbedaan.

Dengan begitu, akan tercipta kehidupan manusia yang harmonis dan tidak adanya ego diantara kita. Sebab, setiap manusia terlahir untuk menjadi pribadi yang baik.

Baca Juga: Peluang Cuan untuk Kamu yang Introvert