Apa Itu Efek Bola Salju dalam Bisnis?

Apa Itu Efek Bola Salju dalam Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Apa Itu Efek Bola Salju dalam Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva


Pernah dengar soal efek bola salju? Lalu, seperti apa sih “Efek Bola Salju” atau Snowball Effect dalam suatu bisnis?

Jika kamu memperhatikan salju yang menggelinding dan membentuk bola, lama kelamaan, bola salju yang kecil tersebut akan menjadi besar bukan?

Nah, efek bola salju itu juga menjadi istilah yang eksis dalam dunia bisnis lho. Bola salju yang bergerak dan semakin besar menggambarkan pertumbuhan besar dalam pemasaran.

Dikutip dari Koala Marketing, dalam pemasaran bisnis, efek bola salju adalah suatu situasi dimana semakin sukses bisnis yang kamu jalani, semakin banyak pula publisitas yang kamu dapatkan dan semakin banyak promosi yang diterima.

Dengan begitu, bisnis kamu akan menghasilkan lebih banyak keterlibatan, seperti menjadi sponsor acara dan sebagainya. Popularitas yang bisnis kamu dapatkan pada akhirnya akan lebih banyak mendatangkan penjualan.


Entrepreneur.com menyebutkan, efek bola salju dapat digambarkan sebagai tindakan yang tumbuh baik dalam arti dan ukuran seiring waktu. 

Selain itu, efek bola salju menggambarkan sebuah ide memiliki kekuatan untuk menciptakan aliran kecepatan yang kuat. Nah, hal itu lah yang bisa menjadi keuntungan, terutama dalam pemasaran digital.

Misalnya di era digital seperti saat ini, media sosial dan aplikasi seluler memainkan peran besar dalam mengiklankan suatu produk. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa bentuk pemasaran online enggak menunjukkan tanda-tanda melambat di masa depan.

Efek lebih lanjutnya, bola salju bisa lebih besar dengan mengumpulkan lebih banyak salju di sekitarnya, hingga bisa menjadi gulungan salju yang menyebabkan longsong.

Dilansir Living Economics, hal itu menggambarkan keadaan peningkatan permintaan pada produk perusahaan yang sedang meningkatkan efisiensi, hal itu akan memungkinkan harga lebih rendah. Dengan begitu, perusahaan pada akhirnya akan bisa memonopoli pasar.

Baca Juga: Analisis Kekuatan Eksternal Bisnis dengan PESTEL Framework
 

Strategi Efek Bola Salju

Terbentuknya bola salju juga enggak sembarangan. Banyak faktor yang perlu diperhatikan jika kamu ingin bola salju dalam bisnis kamu menjadi besar dan kuat.

Koala Marketing menyebutkan, kamu juga perlu memastikan bahwa bola salju dalam bisnis yang kamu jalani tumbuh dengan cara yang benar. Sehingga, bisa membentuk bola salju yang stabil dan kokoh.

Kamu pun perlu memilih jalur yang tepat 'untuk menggulung salju’ tersebut. Sebab, landasan yang kuat dalam pemasaran selalu menjadi strategi yang dirancang dengan baik.

Mulai dari membuat pengembangan berkelanjutan dari rencana pemasaran, sarat dengan kampanye yang menarik, analisis pasar, hingga konsistensi merek.

Nah, dikutip dari Entrepreneur, ada sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk membentuk efek bola salju dalam pemasaran bisnis kamu nih, Be-emers. Cara tersebut antara lain:

 

Apa Itu Efek Bola Salju dalam Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Apa Itu Efek Bola Salju dalam Bisnis Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

 

1. Membuat efek cascading

Jika kamu ingin meningkatkan popularitas brand bisnis, kamu harus sadar bahwa orisinalitas dan keunikan lebih menarik bagi orang-orang saat ini. Makanya, efek cascading bisa kamu lakukan karena efek tersebut adalah semua yang diperlukan untuk membuat merek terkenal.

Memang, kamu bisa bangun strategi pemasaran sedemikian rupa sehingga postingan produk kamu di media sosial jadi viral. Selain itu, coba deh cari tahu tentang apa yang membuat produk kamu unik.

Kalau produk kamu dianggap unik dan viral, tentu saja hal itu bakal berdampak pada perhatian pasar dan mulai meningkatnya permintaan serta penjualan.

Baca Juga: 5 Tahapan dalam Proses Design Thinking untuk Dapatkan Ide Bisnis
 

2. Strategi pemasaran tetap sederhana

Menurut Entrepreneur, sebenarnya, pemasaran adalah proses yang relatif lebih sederhana. Jangan membuat strategi pemasaran terlalu rumit.

Yang terpenting, pastikan konten pemasaran kamu itu unik. Selain itu, strategi pemasaran digital harus mencakup informasi terbaru dan harus menciptakan pendekatan pemasaran yang cenderung menunjukkan suatu produk benar-benar memiliki keunggulan dibandingkan produk sejenis lainnya.
 

3. Manfaatkan peran agensi khusus

Perlu kamu sadari, meski media sosial bisa kamu jangkau dengan mudah, tapi saat ini agensi khusus dalam pemasaran digital -seperti platform bisnis layanan SEO- tumbuh secara eksponensial.

Mereka selalu up-do-date dengan perkembangan terkini di seluruh dunia. Sehingga, mereka dapat bekerja untuk membuat layanan mereka menjadi satu-satunya.

Enggak heran, agensi seperti itu banyak bekerja sama dan dimanfaatkan oleh perusahaan besar karena dianggap bisa menyediakan fasilitas pemasaran digital kelas dunia. Nah, enggak ada salahnya juga lho untuk kamu mulai bekerja sama denganagensi semacam itu untuk membuat efek bola salju bisnis kamu.

Gimana, kamu tertarik enggak untuk menerapkan strategi efek bola salju dalam bisnis kamu?