Cara Mengawetkan Produk Perikanan Agar Tahan Lama

Tips mengawetkan produk perikanan (Sumber gambar: gemari.id)

Tips mengawetkan produk perikanan (Sumber gambar: gemari.id)

Like

Produk perikanan adalah produk yang diolah dari ikan sehingga menjadi produk yang siap digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen. Produk hasil perikanan dapat berupa makanan atau barang.

Produk hasil perikanan berupa makanan seperti bakso ikan, nugget ikan, ikan asap, terasi, pempek ikan, dan masih banyak lagi. Sedangkan produk perikanan berupa barang, bisa berupa hiasan bros atau mainan jilbab yang terbuat dari sisik ikan, dan masih banyak lagi.

Ketika produk perikanan yang diolah untuk menghasilkan sebuah produk itu tentu memiliki tahapan-tahapan sehingga tidak mudah untuk menghasilkannya. Bagaimana cara mengawetkan produk perikanan agar tahan lama?

Baca Juga: Baru Dapat Pendanaan US$5,5 Juta, Yuk Kenalan Sama Startup Kelautan & Perikanan Ini

 

Berikut cara mengawetkan produk perikanan agar tahan lama.

Pertama, ketika kita ingin mengawetkan produk perikanan, kita bisa membuat produk olahan hasil perikanan berupa makanan seperti pempek, yang diawetkan dengan cara diolah menjadi makanan dengan kombinasi tepung dan sagu sehingga menjadikan ikan sebagai bahan utama dapat bertahan lama.


Biasanya, pempek ikan dapat awet sampai 24 jam, atau bahkan sampai 3 hari. Pempek yang dibekukan atau diberi pada suhu yang tinggi dapat bertahan hingga 4-5 hari.

Kedua adalah bakso ikan. Bakso ikan adalah makanan yang olahan nya juga berasal dari produk perikanan.

Bakso ikan yang diberi bahan tepung dan bumbu lainnya sehingga dapat menjadikan makanan yang tahan lama. Biasanya bakso ikan dapat bertahan hingga 7 hari.

Bahkan, pada suhu yang tinggi dapat bertahan hingga 15 hari,namun tergantung pada bahan seperti ikan yang digunakan masih fresh atau tidak, karena kualitas bahan yang digunakan juga menentukan ketahanan produk.

Selanjutnya, produk oalahan perikanan yang dapat tahan lama adalah ikan asap. Ikan asap adalah ikan yang telah dibersihkan kemudian diasap menggunakan teknologi baik secara sederhana maupun modern.

Biasanya, ikan diasapi menggunakan alat atau bisa dengan bantuan asap yang bersumber dari arang yang dibakar. Produk satu ini biasanya banyak diminati oleh masyarakat khusus nya masyarakat Indonesia.

Ikan asap adalah salah satu makanan produk perikanan yang termasuk awet dan tahan lama. Biasanya, ikan ini dapat bertahan hingga 7 hari.