Apa Itu Investasi Bitcoin dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Mengenal investasi bitcoin (Sumber gambar: medcom.id)

Mengenal investasi bitcoin (Sumber gambar: medcom.id)

Like

Sejarah Bitcoin

Berawal dari 18 Agustus 2008 dengan terdaftarnya domain Bitcoin.org yang dilindungi oleh WhoisGuard, artinya identitas pengguna domain tersebut bukan sebuah informasi untuk publik.

Dilanjutkan tanggal 31 Oktober 2008 sang penemu Satoshi Nakamoto mengabarkan sebuah pengumuman di Milis Kriptografi pada metzdowd.com yang berisikan “Saya telah mengerjakan sistem keuangan elektronik baru yang sepenuhnya peer-to-peer, tanpa pihak ketiga” Magna Carta yang menjelaskan bagaimana Bitcoin bisa beroperasi mulai tanggal tersebut.
 

Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin merupakan mata uang baru dalam bentuk elektronik yang tercipta tahun 2009 oleh seseorang yang dipanggil Satoshi Nakamoto dari Jepang, menurut Investopedia.com menyatakan bahwa Bitcoin diepruntukkan dalam transaksi yang dilakukan di internet tanpa ada perantara seperti bank. 

Mata uang Bitcoin menggunakan sistem Peer To Peer atau P2P, yaitu sebuah sistem yang bekerja tanpa penyimpanan atau administrator tunggal yang mana Departemen Keuangan Amerika Serikat juga menjuluki Bitcoin sebagai salah satu mata uang yang terdesentralisasi.
 

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?

Untuk kamu yang baru tertarik dan ingin join investasi Bitcoin ada beberapa hal yang harus dipahami, pertama kamu harus menginstal wallet Bitcoin pada komputer atau ponsel kamu.

Dilanjutkan dengan membuat alamt Bitcoin pertama, mirip seperti membuat alamat email tentunya.
Alamat Bitcoin ini bisa dibagikan kepada pengguna lainnya sehingga kamu bisa saling bertransaksi membayar ataupun sebaliknya, tetapi alamat Bitcoin ini disarankan hanya sekali pakai saja.


Kemudian ada Rantai-blok atau blockchain yang merupakan sebuah catatan transaksi publik dimana jaringan Bitcoin bersandar, disini semua transaksi yang sudah dikonfirmasi akan tercatat.

Nah tugas dari wallet Bitcoin ini yang akan melakukan perhitungan terhadap sisa uang yang bisa dibelanjakan atau transaksi-transaksi baru yang bisa diverifikasi guna memastikan bahwa memang pengguna itu miliki, selanjutnya ada juga istilah Private Keys yang berarti sebuah transaksai transfer nilai antar wallet Bitcoin yang tercatat ke dalam blockchain.

Wallet Bitcoin ini mencatat sebagian data rahasia yang dijuluki kunci pribadi alias seed, gunanya adalah untuk menandatangani transaksi guna mencetak bukti matematis bahwa benar dari pemilik wallet.

Pertambangan merupakan sistem yang dipakai guna melakukan konfirmasi antrian transaksi dengan memasukkan ke dalam blockchain, proses inilah yang menegaskan urutan kronologis blockchain, melindungi netralitas jaringan, sampai memungkin komputer lain demi persetujuan kondisi sistem. Agar bisa terkonfirmasi maka transaksi wajib terangkai dalam blok sesuai aturan dari kriptografi ketat, kemudian diverifikasi oleh jaringan. 
 

Bagaimana Cara Beli Bitcoin?

Untuk membeli Bitcoin dengan menukarkan mata uang tradisional, namun sama dengan investasi lainnya berlaku harga beli rendah dan harga jual tinggi juga pada Bitcoin.

Bagaimana cara mengumpulkan mata uang ini? cara paling umum adalah dengan berburu pada bursa Bitcoin, namun ada juga cara lain untuk menghasilkan sekaligus memiliki Bitcoin.
 

Terdapat dua jenis bursa yaitu:

Coinbase, yang merupakan sebuah pertukaran crypto sangat terkenal dengan menjamin kerugian jika ada pelanggaran keamanan/transfer curang.

Bitfinex yaitu pertukaran mata uang kripto terlama yang dilakukan optimalisasi ditujukan untuk pedagang juga pemberi pinjaman tingkat lanjut.