Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ikan

Pertumbuhan ikan (Sumber gambar: lipi.go.id)

Pertumbuhan ikan (Sumber gambar: lipi.go.id)

Like

Membudidayakan ikan tentu bertujuan untuk memperoleh hasil yang maksimal, baik dari segi pertumbuhan hingga kelangsungan hidupnya.

Ketika ikan yang dibudidayakan tidak sehat, sakit dan bahkan mati maka ini menjadi masalah besar dan tantangan bagi seorang pembudidaya ikan. Lantas, apa saja faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan ikan?

Berikut faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan. 

1. Pakan
Pakan adalah salah satu faktor penentu keberhasilan dari pembudidaya ikan. Ketika kualitas dan kuantitas pakan yang diberikan oleh ikan tidak tepat, maka pertumbuhan ikan akan terhambat, bisa jadi kerdil atau hanya besar kepala nya saja. Pakan dengan kandungan protein yang seimbang bagi kebutuhan ikan sangat diperlukan.

Pada dasarnya pakan yang mengandung protein tinggi tidak menjamin keberhasilan pertumbuhan ikan. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan ikan harus sesuai dengan kebutuhan ikan yang dibudidayakan. 


Baca Juga: Teknik Pemijahan Ikan Mas Secara Alami

2. Faktor lingkungan
Faktor lingkungan banyak macam dan jenis nya, mulai dari kualitas air seperti pH, suhu, oksigen terlarut, amoniak, dan masih banyak lagi. Ketika kita membudidayakan ikan, maka faktor kualitas air adalah faktor utama yang harus diperhatikan. Ketika lingkungan nya sudah sesuai maka faktor yang lainnya dapat menyesuaikan juga.

Tetapi jika dari segi faktor lingkungan dimana sebagai tempat tinggalnya saja tidak sesuai bagaimana ikan bisa beradaptasi? Ikan pun akan sangat terhambat untuk pertumbuhannya. Baik segi suhu, pH, DO, dan amoniak maka di sesuaikan terlebih dahulu jenis ikan apa yang dipelihara.

Setiap jenis ikan memiliki toleransi parameter kualitas air yang berbeda-beda. Misal ikan yang dipelihara adalah ikan lele, maka pH yang optimal berkisar 6,5-8,5. Sedangkan suhu yang optimal berkisar 27-30 derajat celcius, dan lain-lain. 

3. Genetik
Membahas faktor genetik adalah membahas mengenai faktor keturunan. Setiap pertumbuhan ikan faktor keberhasilan budidaya adalah faktor keturunan. Usahakan ketika ingin memelihara benih ikan, kita harus mengetahui kualitas benih yang kita beli.

Kita harus mengetahui kualitas indukan dari benih yang dihasilkan apakah baik atau tidak, memiliki riwayat penyakit atau tidak, dan sudah bersertifikat atau belum. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut maka kita dapat mengantisipasi pertumbuhan benih ketika kita pelihara. 

Itulah beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan.

Ketika kita sudah mengetahui faktor pertumbuhan ikan, maka kita tinggal menyesuaikan saja jenis ikan yang akan dipelihara kemudian kita sesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisinya.

Baca Juga: Cara Mengawetkan Produk Perikanan Agar Tahan Lama