Menjaga Kelestarian Lingkungan Akuatik

Kebersihan lingkungan akuatik (Sumber gambar: apacontoh.com)

Kebersihan lingkungan akuatik (Sumber gambar: apacontoh.com)

Like

Kelestarian lingkungan adalah kondisi dimana lingkungan jauh dari pencemaran. Kelestarian lingkungan yang dijaga sebaik mungkin akan memberikan dampak yang positif bagi makhluk hidup baik di lingkungan daratan maupun perairan. 

Kondisi lingkungan yang penuh dengan debu dan polusi tentu menjadi problem bagi biota yang menempatinya. Menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya di daratan.

Menjaga lingkungan akuatik adalah salah satu wujud kita sebagai generasi milenial yang diharuskan untuk tetap menghandle dan menjaga kelestarian lingkungan.

Lingkungan yang sudah tidak asri lagi adalah lingkungan yang sudah rusak dan jauh dari perlindungan. Perihal ini bukan hanya mengandalkan kerja dari pemerintah saja, namun kita sebagai manusia yang sudah dijadikan sebagai khalifah bumi, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga dan melindungi alam termasuk lingkungan. 

Menjaga kelestarian lingkungan akuatik tidak hanya memperhatikan warna dan kondisi fisik airnya saja, tetapi memperhatikan biota didalamnya juga perlu dilakukan. 
 

Bagaimana cara menjaga kelestarian lingkungan akuatik? 

Pertama, kita tidak melakukan aktivitas yang mengganggu alam. Seperti apakah itu? 


Aktivitas yang dapat mengganggu kondisi alam adalah seperti dengan menggunakan teknologi.

Canggihnya teknologi di era sekarang bukan berarti menjadikan nya sebagai perusak. Seperti penggunaan bom untuk mengambil ikan, menangkap ikan dengan cara disetrum dan masih banyak lagi.

Hal tersebut tentu tidak hanya merusak perairan, namun juga biota didalamnya. Ikan-ikan kecil yang seharusnya menjadi generasi selanjutnya malah tertangkap dan ini dapat menyebabkan punah.

Air menjadi keruh, sehingga banyak biota yang stress dan akhirnya banyak yang mati. Kemudian, menjaga kelestarian lingkungan akuatik juga tidak membuang sampah di sungai.

Sampah adalah barang bekas yang sudah tidak dimanfaatkan lagi, namun justru malah dibuang ke sungai akan menyebabkan air menjadi keruh dan bau tidak sedap, ikan banyak yang stress dan mati. Kemudian, dapat juga menyebabkan kebanjiran, karena aliran bisa saja tersumbat sampah. 

Maka dari itu, menjaga kelestarian lingkungan itu sangat penting. Kita sebagai generasi muda harus menjadi contoh bagi negara, masyarakat. Ketika lingkungan terjaga keasrian nya, maka kita sendiri lah yang akan menikmatinya pula, bahkan bisa menjadi sejarah cucu kita dimasa yang akan datang.

Baca Juga: Kenalan Sama Creo Syndicate: Organisasi Rahasia yang Isinya Miliarder Peduli Perubahan Iklim