Kenalan Sama Creo Syndicate: Organisasi Rahasia yang Isinya Miliarder Peduli Perubahan Iklim

Creo Syndicate Organisasi Peduli Lingkungan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Creo Syndicate Organisasi Peduli Lingkungan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Perubahan iklim memang bukan masalah sepele -meski seringkali disepelekan. Menariknya, enggak hanya para aktivis lingkungan, para miliarder dunia rupanya punya organisasi rahasia bernama Creo Syndicate yang peduli banget sama isu perubahan iklim lho, Be-emers!

Sebenarnya, perubahan iklim sendiri serta upaya untuk melawannya, bisa mengubah hampir setiap sektor ekonomi. Soalnya, setiap perusahaan dituntut untuk punya cara terbaik mengurangi emisi dan bahkan menarik karbon dioksida dari udara.

Hal itu tentunya butuh biaya dan perhatian khusus. Makanya, masih banyak perusahaan, yang sayangnya, justru mengabaikan hal tersebut.

Di sisi lain, enggak semua pengusaha mengabaikan isu perubahan iklim demi cuan semata lho, Be-emers. Masih ada sejumlah pengusaha, yang notabene punya kekayaan lebih, peduli terhadap isu perubahan iklim.

Baca Juga: Perbandingan Produk Kosmetik Ramah Lingkungan Lokal VS Luar Negeri
 

Mengenal Creo Syndicate

Berawal dari keluarga Mulliez yang berasal dari Prancis, beberapa tahun lalu kerajaan bisnis ritel global bernilai lebih dari US$38 miliar itu memutuskan harus menanggapi perubahan iklim dengan lebih serius!

Bahkan, Delphine Descamps yang merupakan Direktur Creadev, perusahaan keluarga Mulliez, telah menginvestasikan 200 juta Euro atau setara US$236 juta setiap tahunnya untuk perubahan iklim.

Kemudian, Delphine ketemu sama Régine Clément, yang notabene merupakan kepala organisasi nirlaba kecil yang tertutup bernama Creo Syndicate.

 

Creo Syndicate Organisasi Peduli Lingkungan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Creo Syndicate Organisasi Peduli Lingkungan Illustration Web Bisnis Muda - Canva



Diketahui dari laman resminya, Creo Syndicate merupakan organisasi nirlaba yang membantu mobilisasi lebih banyak modal swasta ke dalam solusi rendah karbon dan sumber daya yang efisien.

Organisasi Creo Syndicate memang bekerja dengan jaringan seperti perusahaan keluarga yang memenuhi syarat, investor swasta, dan penasihat yang fokus pada pengembangan dan investasi kolaboratif di pasar lingkungan global.

Dilansir dari Bloomberg, Creo Syndicate punya misi untuk mempercepat aliran modal ke dalam investasi yang dapat memperlambat pemanasan global. Makanya, enggak heran kalau organisasi tersebut bekerja dengan sekitar 200 keluarga dan mengelola investasi dengan total lebih dari US$800 miliar!

Sejauh ini, miliarder yang tergabung dalam organisasi Creo Syndicate, antara lain seperti investor Jeremy Grantham, Nat Simons, hingga putra pendiri miliarder Renaissance Technologies James Simons.

Namun, sebagai bagian dari membangun kepercayaan dengan keluarga kaya, grup tersebut mencakup miliarder terkenal lainnya yang namanya enggak akan diungkapkan oleh pihak Creo.

Nah, kunci sukses Creo sendiri yakni bagaimana Creo mendapatkan investor yang sangat kaya di ruangan yang sama. Di satu sisi, sesuai namanya, Creo Syndicate memang enggak memungut biaya untuk kesepakatan apapun.

Lanjut ke halaman berikutnya yuk buat tahu gimana sistem investasi di Creo Syndicate!