Update Saham Bisnis Muda, Edisi 3 Juli 2020

Update Saham Bisnis Muda

Update Saham Bisnis Muda

Like

Di awal sesi perdagangan hari ini (3/7), IHSG terus bertahan di zona hijau lho!. Sejak dibuka pukul 9:00 WIB di level 4.986,86, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus melaju positif.

Penguatan IHSG pagi ini berlanjut sejak perdagangan kemarin (2/7). Sempat turun ke level 4.975,79 di 15 menit pertama, IHSG berhasil menguat 0,4% ke level 4.986,70 pukul 09:25 WIB.

Hal itu membawa saham di sektor infrastruktur memimpin penguatan bursa di sesi ini sebagai top gainers. Selain itu, 7 sektor di dalamnya juga berhasil bergerak positif lho pagi ini.

Adapun, penguatan IHSG di sesi awal ini terjadi seiring bursa Asia yang juga dibuka menguat. Enggak cuma itu, diketahui bursa Eropa dan AS juga ditutup di zona hijau pada perdagangan Kamis (2/7).
 

Kinerja Emiten

Selama masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) kemarin, bisa dibilang jadi masa yang cukup sulit bagi sejumlah emiten, tak terkecuali bagi emiten ritel. Meski masyarakat tetap suka belanja nih, tapi rupanya hal itu belum mampu mendongkrak kinerja emiten ritel.

Bahkan emiten ritel Ramayana (RALS) diketahui terpaksa telah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawannya. Emiten ritel yang notabene lebih mengandalkan penjualan dari gerai/tokonya, seperti kewalahan mempertahankan kinerjanya.


Namun seolah berbanding terbalik. Alfamart (AMRT) dan Ace Hardware (ACES) justru punya kinerja cemerlang selama PSBB kemarin, Kok bisa?

Dilansir dari Bisnis.com, AMRT tercatat punya pertumbuhan pendapatan hingga 15,67% secara tahunan dengan total perolehan Rp19,3 triliun. Pendapatan naik, laba bersihnya juga naik dong. Diketahui, di kuartal I/2020, laba bersih AMRT melonjak 73,71%.

Hal itu juga dirasakan ACES, yang kinerjanya cemerlang secara year on year. Emiten ritel penyedia kebutuhan perkakas rumah tangga ini memperoleh pertumbuhan laba bersih 4,53%. Kondisi itu didukung oleh nihilnya utang dan tebalnya kas, sehingga ACES bisa bertahan di tengah sulitnya masa pandemi ini.

Yuk, cek juga kabar lainnya di sini: