Amazon Luncurkan Robot Rumahan Bernama Astro

Amazon Luncurkan Robot Rumahan Bernama Astro Illustration Web Bisnis Muda - Cnet

Amazon Luncurkan Robot Rumahan Bernama Astro Illustration Web Bisnis Muda - Cnet

Like

Amazon baru saja membuat robot rumahan yang ditunggu-tunggu semua orang lho, Be-emers!

Sebelumnya, telah ada beberapa droid keren dan menggemaskan selama bertahun-tahun yang menjanjikan revolusi kehidupan dan pekerjaan. Namun, sebagian besar robot tersebut gagal untuk benar-benar memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Kini, Amazon menghadirkan Astro, robot otonom yang diluncurkan di acara musim gugur Amazon pada hari Selasa (28/09). Astro terinspirasi dari fiksi ilmiah yang digabungkan dengan fitur teknologi AI Amazon.

Astro diluncurkan pada akhir acara, yang mana pada acara tersebut, Amazon juga mengumumkan sejumlah pembaruan, termasuk Echo Show 15, Amazon Smart Thermostat, gelang kebugaran Halo View, dan produk Ring.

Tapi apa sih yang sebenarnya bisa dilakukan Astro? Dengan tingkat kecanggihannya yang tinggi, Astro dapat memetakan denah lantai rumahmu dan dapat mengikuti perintah suara. Astro juga dapat berkeliling mengikutimu di dalam rumah dan juga bisa berfungsi layaknya Alexa.


Selama presentasinya, Amazon mengenalkan Astro sebagai robot pendamping yang dapat bergaul dengan orang tua lanjut usia, mengadakan pesta beatboxing, dan membantu mereka tetap berhubungan secara teratur dengan anggota keluarga dan teman melalui panggilan video.

Berkat visi komputer Astro, kamu juga dapat menggunakan robot tersebut untuk memeriksa apa yang terjadi di rumahmu saat kamu pergi. Walaupun Astro belum bisa bermain dengan hewan peliharaan, tetapi berkat kamera periskop khusus yang dapat muncul dari kepala bot itu, Astro dapat memeriksa di manakah kucingmu tertidur. 

Di antara sejumlah aksesoris, pada Astro juga terdapat Furbo Dog Camera yang bisa melemparkan suguhan ke hewan peliharaan Anda. Aksesori lainnya termasuk wadah ziplock, monitor tekanan darah Omron, dan tempat cangkir yang dapat dilepas.

Tak hanya itu, Be-emers. Amazon memastikan bahwa Astro akan menghormati privasi pemiliknya. Bot tersebut menggabungkan fitur privasi standar Alexa dan pemilik akan dapat menunjukkan zona larangan untuk Astro.

Kamu juga dapat memanfaatkan fitur ‘do not disturb’ untuk membatasi seberapa banyak Astro bergerak pada waktu tertentu dalam sehari. Namun, hal itu mungkin tidak cukup untuk menghilangkan ketakutan dan kekhawatiran pembeli tentang isu privasi, salah satunya melalui kamera dan mikrofon yang terus menyala dan mengikuti di sekitar rumah sepanjang hari.

Satu hal yang sering hilang ketika berbicara tentang robot impian yang bisa mempermudah pekerjaanmu adalah kesempatan untuk benar-benar membelinya. Entah harganya yang sangat mahal, atau ternyata tidak lebih dari sebuah konsep.

Tak perlu khawatir, Be-emers. Kini, Amazon telah membuka daftar tunggu untuk Astro dan menjanjikan robot tersebut akan tersedia sebelum akhir tahun, seharga $ 1.000 atau setara dengan Rp 14,3 juta.

Amazon memegang teguh komitmen jangka panjang dalam pengembangan robot. Perusahaan juga menjanjikan akan ada lebih banyak lagi robot yang akan datang, bahkan, Astro 2 sudah dalam tahap awal pengerjaan, lho!