Zoom Batal Akuisisi Five9, Kenapa Ya?

Zoom Batal Akuisisi Five9 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Zoom Batal Akuisisi Five9 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Dua bulan lalu, Zoom sempat dikabarkan sepakat untuk mengakuisisi Five9 Inc. Namun, kini akuisisi tersebut justru dibatalkan oleh Zoom nih. Kenapa ya?

Tepatnya pada 18 Juli 2021, Zoom Video Communications Inc. mengumumkan kalau pihaknya mengakuisisi Five9 Inc. senilai US$14,7 miliar! Saat itu, Zoom berencana untuk mengakuisisi Five9 dengan menggunakan keuntungan dari lonjakan sahamnya.

Dikutip Bloomberg, awalnya, akuisisi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan Zoom. Selain itu, Zoom juga berencana untuk menjadikan Five9 sebagai unit operasinya.

Baca Juga: Zoom Akuisisi Five9 Senilai US$14,7 Miliar! Ini Tujuannya

 

Apa Itu Five9?

Dari data Statista, hingga April 2020, Zoom tercatat sudah memiliki 300 juta peserta meeting online di seluruh dunia! Kabar soal akuisisi Zoom terhadap Five9, tentunya membuat banyak pihak bertanya-tanya, sebenarnya apa itu Five9?


Buat kamu yang belum tahu, berdasarkan info di laman resminya, Five9 merupakan provider perangkat lunak pusat kontak cloud (Cloud Contact Center). Seperti yang kita ketahui, teknologi cloud merupakan salah satu teknologi yang penting bagi sebuah perusahaan teknologi.

Soalnya, dilansir dari laman IBM, cloud bisa menawarkan kamu kemungkinan untuk menyimpan file, mengakses, menyimpan, dan mengambilnya dari pihak yang mendukung web (web-enabled interface). Dengan begitu, kapanpun dan dimanapun, kamu bisa punya ketersediaan, kecepatan, skalabilitas, dan keamanan yang tinggi untuk lingkungan maupun bisnis kamu.

Sudah 20 tahun eksis di sektor Cloud Contact Center, Five9 kini juga sudah punya lebih dari 2.000 konsumen lho! Adapun, di tahun 2014, Five9 melakukan Initial Public Offering (IPO) di bursa NASDAQ dengan kode saham FIVN.

 

Zoom Batal Akuisisi Five9 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Zoom Batal Akuisisi Five9 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva


Nasib Akuisisi Zoom

Dengan akuisisi yang dilakukan Zoom terhadap Five9, membuat Five9 mengotomatiskan pengelolaan kontak pelanggan untuk bisnis. The Verge menyebutkan, kesepakatan itu seharusnya meningkatkan penawaran bisnis Zoom dan membuatnya lebih berkembang.

Selain itu, akuisisi Zoom terhadap Five9 juga dinilai bisa menjadi transaksi semua saham (all-stock). Sayangnya, harga saham Zoom telah kehilangan lebih dari seperempat nilainya sejak mereka mengumumkan akuisisi nih, Be-emers.

Biasanya nih, saat sebuah perusahaan diakuisisi, pemegang saham menerima premi di atas harga saham mereka. Nah, karena ini adalah kesepakatan all-stock, Zoom pun bakal mengambil Five9 dengan harga diskon.

Namun, hal itu justru gagal terjadi. Soalnya, Institutional Shareholder Services, penasihat proksi independen, merekomendasikan suara pemegang saham menentang kesepakatan itu.

Meski gagal, dikutip The Verge, CEO Zoom Eric Yuan mengatakan hal tersebut enggak akan mempengaruhi rencana Zoom. Adapun, Zoom justru berencana untuk mempertahankan “kemitraan lama” dengan Five9 dan perusahaan lain yang menawarkan layanan serupa.

Hmm.. gimana menurut kamu nih, Be-emers?