Seberapa Penting Peran Maskot bagi Suatu Brand?

Seberapa Penting Peran Maskot bagi Suatu Brand? Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Seberapa Penting Peran Maskot bagi Suatu Brand? Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Siapa di sini yang suka gemes dengan maskot-maskot yang merepresentasikan suatu brand? Sesuai dengan fungsinya, maskot merupakan satu bentuk figur yang dijadikan simbol oleh suatu brand atau perusahaan.

Biasanya, maskot digunakan untuk merepresentasikan brand komersial, corporate event, program, dan lain sebagainya. Maskot biasanya juga dilengkapi dengan nama panggilan yang mudah diingat konsumen.

Maskot umumnya diciptakan oleh suatu brand atau perusahaan untuk mendongkrak strategi branding. Penggunaan maskot untuk branding juga tidak selalu berhasil lho, Be-emers.

Lalu apa sih pentingnya maskot bagi suatu brand?
 

Mencerminkan Brand Image dan Identitas Perusahaan

Adanya maskot untuk suatu brand dapat mencerminkan karakter umum dari brand atau perusahaan tersebut. Maskot yang digunakan sebagai alat promosi perlu untuk dikomunikasikan terus menerus kepada konsumen.

Hal tersebut bertujuan agar sang maskot tersebut menempel dalam memori konsumen dan akhirnya brand-mu bisa menjadi top of mind konsumen.

 

Membangun Persepsi

Karakter maskot yang dipilih dapat menggiring persepsi atas perusahaan atau brand-mu. Maskot berfungsi sebagai gambaran aktualisasi interaksi brand terhadap kosumennya.

Bahkan, ada beberapa maskot yang lebih terkenal dibandingkan dengan perusahaan penciptanya, lho. Banyak juga yang sukses melakukan branding dengan menggunakan maskot, seperti McDonald’s, Disney, KFC, dan lainnya.
 

Mengantar Konsumen untuk Mengenal Brand

Dengan adanya maskot, brand atau perusahaan yang kamu kembangkan akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat atau target konsumenmu sendiri.

Maskot dapat menghadirkan cerita tersendiri untuk brand-mu yang tertuang dalam visualisasi karakter maskot.
 

Menciptakan Ikatan Emosional

Uniknya, walaupun maskot diciptakan sebagai pelengkap strategi branding, seringkali eksistensinya melebihi brand yang dibawa, lho. Hal tersebut bisa disebut sebagai carrier of fame.

Maskot dari suatu brand dapat membantu menjalin ikatan customer relationship yang lebih erat dan emosional. Bahkan terkadang tak jarang konsumen merasa bahwa maskot dari suatu brand adalah teman atau sahabatnya.
 

Memperkuat Tujuan Brand

Dalam sebuah brand, maskot tampil dan eksis sebagai ‘interaktor’ yang berkomunikasi menggunakan karakternya sendiri dengan para konsumen yang dimiliki, sehingga konsumen akan merasa bahwa mereka memiliki penghubung antara mereka dengan perusahaanmu.

Walaupun terlihat mudah dan menyenangkan, pemilihan maskot untuk suatu brand harus dipikirkan secara baik dan matang, karena maskot akan menjadi representasi awal brand-mu dan menjadi tumpuan reputasi perusahaan.

Menurut Be-emers, brand apa yang memiliki maskot paling menarik? Yuk, komen di bawah, ya!