Pengguna Telegram Kini Bertambah Hingga 70 Juta!

Pengguna Telegram Capai 70 Juta Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Pengguna Telegram Capai 70 Juta Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Dari berbagai macam platform chat, Telegram menjadi salah satu yang menarik perhatian publik di seluruh dunia. Bahkan, kini pengguna Telegram sudah bertambah hingga 70 juta lho!

Dilansir The Next Web, Telegram merupakan sebuah sistem pesan instan lintas platform berbasis cloud. Enggak hanya chat, Telegram juga panggilan video yang terenkripsi, VoIP, berbagai file, polling, dan fitur menarik lainnya.

Dirilis sejak Agustus 2013 di iOS dan Oktober 2013 di Android, server Telegram cukup berbeda nih. Diketahui dari laman Reuters, server Telegram didistribusikan di seluruh dunia untuk mengurangi beban data dengan lima pusat data di berbagai wilayah.

Baca Juga: Banyak yang Berpaling dari WhatsApp, Ini Perbandingannya dengan Telegram dan Signal
 

Telegram Si Pesaing WhatsApp

Aplikasi chat yang didirkan oleh Pavel Durov tersebut pun kini disebut-sebut sebagai pesaing dari WhatsApp lho!

Pasalnya, sejak awal tahun 2021 -tepatnya saat WhatsApp punya kebijakan privasi baru- banyak orang yang mulai berpaling dari WhatsApp ke platform chat lain. Salah satunya yakni berpaling ke Telegram.


Bahkan, berdasarkan data Sensor Tower, pemasangan baru aplikasi WhatsApp turun hingga 11 persen pada Januari 2021. Bahkan, saat WhatsApp mengalami gangguan server alias down beberapa waktu lalu, Telegram mendapat keuntungan dari kejadian tersebut.

Soalnya, dilaporkan The Verge, Telegram telah pecah rekor dengan mendapatkan 70 juta pengguna baru seiring dengan gangguan server yang dialami oleh Facebook Inc..

Selain itu, 70 juta pengguna baru meningkat lebih dari 10 persen dibandingkan dengan 500 juta pengguna aktif bulanan Telegram pada Januari 2021. Menariknya nih, The Verge menyebutkan kalau sebenarnya Telegram telah lama mendekati 2 miliar pengguna WhatsApp lho!

Di awal tahun ini, Telegram juga sudah menambahkan kemampuan untuk mengimpor riwayat obrolan WhatsApp, yang mana merupakan sebuah langkah yang dirancang untuk membantu pengguna beralih dari layanan perpesanan milik Facebook itu ke Telegram.

Adapun, Telegram juga diketahui cukup aktif menambahkan fitur lain yang berfokus pada panggilan video dan streaming langsung, Meskipun, layanan tersebut masih belum terenkripsi secara default seperti Signal dan WhatsApp.

Gimana, kamu lebih suka pakai Telegram atau WhatsApp nih?