Selain Squid Game, Berikut Deretan Film dan Serial yang Mengajarkan Finansial!

Squid Game Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Squid Game Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Kiasan “belajar bisa kapanpun dan dimanapun” memang seringkali terdengar dan memang betul adanya. Definisi belajar secara harfiah juga tidak selalu merujuk kepada akademik dan melibatkan suatu instansi pendidikan.

Apalagi, di tengah berkembangnya teknologi yang serba digital, pengemasan suatu informasi semakin beragam dan terbilang sangat persuasif.

Sebagai contoh, tak sedikit orang yang mampu atau fasih berbahasa asing hanya dengan menonton film dan mendengarkan musik.

Selain itu, banyak juga yang mengetahui beberapa esensi kehidupan serta kiasan-kiasan tersirat dari berbagai macam novel atau bahan bacaan serupa.

Oleh karenanya, semua tinggal berbalik kepada insan masing-masing dalam menangkap pesan ataupun makna tersirat yang hadir di sekitar aktivitas sehari-hari.


Bahkan, serial Netflix yang sedang ramai sekali diperbincangkan di seluruh penjuru dunia, yaitu Squid Game, juga banyak menyelipkan pesan tersirat -khususnya dari segi finansial yang cocok untuk dipahami sama Be-emers!

Namun, ternyata masih banyak lagi film serta serial yang menyelipkan pesan tersirat dan memberi pemahaman seputar finansial, lho!
 

Berikut Deretan Film dan Serial yang Mengajarkan Seputar Finansial

 

Squid Game

Mungkin banyak dari Be-emers yang sudah menyaksikan serial drama survival asal Korea Selatan ini.

Sedikit sinopsis, serial asal Korea Selatan ini menceritakan seputar sekelompok orang yang memiliki himpitan ekonomi ataupun utang yang berasal dari berbagai macam kalangan.

Mereka secara sadar diajak untuk masuk ke dalam sebuah permainan, yang mana terdapat hadiah dengan jumlah sangat besar bagi siapa saja yang dapat menyelesaikan berbagai macam permainan hingga akhir.

Dalam serial ini, terdapat 6 macam permainan -yang di setiap permainannya, peserta akan terus berkurang karena tereliminasi dan kehilangan nyawa.

Namun siapa sangka, di salah satu permainan ada yang menyelipkan pesan tersirat seputar finansial yang terjalin lewat dialog antar pemain, lho.

Di episode 3, terdapat permainan atau game ke-2 yaitu sugar honey combs atau mengukir suatu gulali yang terbagi menjadi 4 jenis bentuk yaitu lingkaran, segitiga, payung dan bintang.

Baca Juga: Viral Karena Squid Game, Intip Sejarah dan Peluang Cuan Permen Dalgona

Pada game tersebut, pemeran utama memiliki kelompok yang berjumlah 4 orang. Dikarenakan sangat menjunjung rasa solidaritas, mereka ingin memilih bentuk gulali yang sama hanya demi rasa solidaritas.

Namun, keputusan pemeran utama disanggah oleh Cho Sang-Woo yang diperankan oleh Park Hae-Soo yang lebih menyarankan untuk berpisah dan memilih jenis gulali yang berbeda.

Cho Sang-Woo bersikeras kepada statementnya karena menurutnya, hal tersebut layaknya kiasan “don’t put all your eggs in one basket” jika satu gagal, setidaknya masih ada harapan lain layaknya ketika berinvestasi.

Saat berinvestasi, alangkah lebih baik untuk mengalokasikan dana kita ke berbagai macam instrumen. Mulai dari emas, reksa dana, saham, obligasi hingga properti.

 

Dirty Money

Serial Netflix ini juga masuk kedalam deretan serial yang memiliki concern seputar finansial. Lewat serial ini, kita nantinya akan memandang uang dari sudut pandang yang berbeda dan membayangkan esensi uang dari sudut pandang yang tidak terbayang sebelumnya.

Sinopsis singkat, film dokumenter ini menceritakan skandal korupsi yang pernah dilakukan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia yaitu Najib Razak yang terbukti melakukan korupsi sekurangnya Rp146 miliar karena beberapa kasus.

Beberapa kasus yang ada dalam film tersebut diantaranya seperti pelanggaran jabatan, pencucian uang yang melibatkan dana investasi, hingga penyalahgunaan wewenang.

 

The Wolf of Wall Street

Film ini diadaptasi dari kisah nyata Jordan Belfort yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio sebagai salah satu broker saham terkemuka didunia. Lewat film ini kita diajarkan lebih jauh memandang serta other side dari hanya sekedar bermain saham.

Sinopsis singkat, film ini menceritakan kisah nyata seorang Jordan Belfort yang berprofesi sebagai seorang pialang saham di Wall Street untuk sebuah perusahaan bernama L. F. Rothschild.

Namun siapa sangka, dibalik kesuksesannya Jordan Belfort juga ikut terlibat dalam penyalahgunaan narkoba hingga money laundering.

 

Inside Job

Film dokumenter ini menceritakan seputar rentetan kasus-kasus korupsi secara sistematis di Amerika Serikat. Film ini pun berhasil mendapatkan atensi positif dari berbagai macam pihak karena mampu mengemas kasus-kasus yang rumit secara pragmatis dalam kemasan film.

Sinopsis singkat, film ini menceritakan seputar resesi terburuk yang pernah terjadi di tahun 2008 setelah Great Depression yang terjadi di tahun 1930-an.

Dari film ini kita jadi tahu bagaimana resesi tersebut dapat terjadi lewat wawancara yang dilakukan oleh beberapa narasumber dari berbagai macam profesi dan latar belakang.

 

The Big Short

Serial Netflix ini juga terbilang memiliki concern seputar finansial. Mulai dari potret tahun 2000 yang mana tahun tersebut terjadi ketidakstabilan pasar properti dan memprediksi krisis ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat.

Sinopsis singkat, film ini menceritakan seputar latar belakang fenomena U.S Mortgage Housing Crisis yang pernah terjadi di tahun 2005 di Amerika Serikat.

Namun siapa sangka, ternyata jauh sebelum fenomena itu terjadi ada seorang fisikawan bernama Burry yang sudah memprediksi fenomena tersebut. Bagaimana bisa?

Baca Juga: The White Tiger: Realita dan Anomali Meraih Kesuksesan