Resmi Menjadi Klub Sepak Bola Terkaya Didunia, Valuasi Newcastle United Geser Man City dan PSG!

Newcastle United Illustration Web Bisnis Muda - Image: BBC

Newcastle United Illustration Web Bisnis Muda - Image: BBC

Like

Harapan serta potensi dari membeli klub sepak bola memang terbilang dapat menjadi sebuah investasi yang menjanjikan dikemudian hari, terutama jika didalam klub tersebut terdapat nama-nama megabintang serta deretan prestasi gemilang yang pernah dicapai.

Hal tersebut juga akan mempengaruhi valuasi atau total jumlah kepemilikan aset hingga tolak ukur mahalnya sebuah klub sepak bola, Be-emers.

Seperti yang diketahui, berdasarkan pembaruan informasi terhitung sejak ditutupnya jendela transfer musim panas tahun 2021, Manchester City lah yang menjadi klub sepak bola terkaya dan termahal di dunia dengan total valuasi sebesar €1.04 miliar atau sekitar Rp16.8 triliun.

Selanjutnya, deretan tersebut disusul klub sepak bola Paris Saint-German dengan total valuasi sebesar €998 juta atau sekitar Rp16.7 triliun.

Namun siapa sangka, sepekan terakhir ini, pemberitaan seputar sepak bola sedang dihebohkan dengan klub sepak bola asal Inggris yaitu Newcastle United yang menggeser predikat Manchester City sebagai klub sepak bola terkaya dan termahal di dunia, lho!


Melansir dari BBC, hal tersebut dapat terjadi setelah klub sepak bola yang tergabung dalam Liga Premier Inggris ini yaitu Newcastle United mendapatkan suntikan dana setelah diakuisisi oleh sebuah konsorsium asal Arab Saudi.

Diketahui, konsorsium asal Arab Saudi tersebut bernama Public Investment Fund (PIF) yang ternyata dimiliki oleh putra mahkota Arab Saudi yaitu Mohammed bin Salman (MBS).

PIF pun secara resmi telah merampungkan segala urusan administrasi akusisi terhadap Newcastle United dengan mengambil kepememilikan saham klub sebesar 80 persen dengan total dana yang dikeluarkan sebesar 305 juta paun atau sekitar Rp5,8 triliun.

Tak hanya valuasi Newcastle United yang mampu menggeser Manchester City dan Paris Saint-Germain, akan tetapi juga kini Newcastle United resmi tercatat sebagai pemilik klub sepak bola terkaya didunia.

Menurut data dari ESPN, pangeran Mohammed bin Salman yang resmi menjadi pemilik Newcastle United itu terhitung memiliki total kekayaan senilai 320 miliar pounds atau Rp 6.188 triliun.

Kekayaan Pangeran Mohammed bin Salman tersebut mengalahkan kekayaan pemilik Manchester City yaitu Sheikh Mansour yang hanya memiliki 23 miliar pounds atau sekitar Rp 444 triliun. Disusul dengan pemilik dari Paris Saint-German yaitu Nasser Al-Khelaifi dengan total kekayaan 6,5 miliar pounds atau Rp 125 triliun.

Nilai kekayaan yang sangat fantastis bukan, Be-emers?