Antara Emas dan Crypto, Mana yang Lebih Unggul?

Antara Emas dengan Mata Uang Crypto, Mana yang Lebih Unggul?

Antara Emas dengan Mata Uang Crypto, Mana yang Lebih Unggul?

Like

 
Saat ini banyak masyarakat yang melek terhadap investasi, apalagi di kalangan generasi muda yang sudah mulai melakukan investasi secara perlahan. Berinvestasi bisa jadi hal yang menguntungkan untuk diri kita sendiri lho, Be-emers.

Emas dan bitcoin ternyata menjadi fenomena aset investasi yang sedang naik daun dan mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi di tahun ini. Tetap, jika dibandingkan, mana sih yang lebih unggul untuk investasi?
 

Emas vs Bitcoin

Mungkin masih banyak yang kebingungan harus berinvestasi dengan emas atau bitcoin. Sebelumnya, bitcoin sudah pernah mengalami reli tajam. Bitcoin kini dapat digunakan sebagai alat transaksi dan sekarang menjadi tren. Selain itu, bitcoin juga bisa digunakan sebagai alat investasi dengan harganya yang masih cukup fluktuatif.

Sedangkan di sisi lain, emas yang memiliki nilai stabil setiap tahunnya cenderung semakin diminati dikalangan para investor. Faktor utama yang menyebabkan nilai emas tetap berharga ialah emas yang memiliki sifat limited atau terbatas, serta tidak mudah untuk menambang emas yang ada di dunia ini.

Emas memiliki daya tarik tersendiri bagi investor, salah satunya seperti nilai dari 1 gram emas saat ini bisa meningkat jauh di tahun yang akan datang.
 

Lalu, Mana yang Lebih Unggul?

Jika kamu ingin masuk ke dunia investasi crypto, kamu terlebih dahulu harus memiliki modal yang cukup banyak dan harus melewati pembuatan rekening dalam proses digital yang lumayan lama saat pembelian Bitcoin. Sedangkan emas cenderung mudah dibeli, bisa secara langsung dan dapat dicicil dengan cara menabung.


Melansir dari helloneu.com, jika melihat harga emas dan bitcoin, emas lebih unggul karena emas bisa dibeli dengan dana yang cukup kecil atau sesuai dengan dana yang kita miliki saja. Berbeda dengan harga bitcoin, saat melakukan pembelian, investor harus memiliki banyak modal terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan pembelian pada bitcoin tidak bisa dicicil dan harganya cukup fluktuatif.

Di sisi lain, jika memiliki bitcoin yang banyak, investor bisa menjual setengahnya dengan harga yang lumayan mahal. Sedangkan, emas tidak bisa dijual setengahnya dan perbedaan harga jual dengan harga beli tidak bisa dinaikan terlalu tinggi.

Investasi pada emas cenderung terlihat lebih nyata, karena transaksi emas bisa dilakukan secara offline saat pembeliannya, sedangkan bitcoin hanya bisa dilakukan secara online saja. Bitcoin memiliki prinsip investasi high risk high return yang menjadi daya tarik tersendiri bagi investor yang menjadikan investasi bitcoin ini berbeda dengan investasi lainnya, mengutip dari dailysocial.id.

Sebenarnya, keduanya alat investasi tersebut sama-sama memiliki keunggulan serta kekurangannya masing-masing. Nilai emas yang tidak mudah naik turun cenderung minim risikonya, sedangkan bitcoin bisa mendapatkan keuntungan yang lebih dan cenderung positif setiap tahunnya, namun memiliki risiko yang juga cukup tinggi.

Keduanya memiliki konsisten tren positif dalam jangka panjang dan keduanya investasi ini bisa dijadikan portofolio investor.

Kalau kamu, lebih pilih emas atau crypto nih, Be-emers?