Tinggalkan Silicon Valley, Elon Musk Sebut Tesla Bakal Pindah ke Texas! Kenapa Ya?

Tesla Pindah dari Silicon Valley ke Texas Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Tesla Pindah dari Silicon Valley ke Texas Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Selama ini, Tesla merupakan salah satu perusahaan yang bermarkas di Silicon Valley, California, Amerika Serikat. Namun, rupanya Elon Musk kini berencana untuk memindahkan lokasi Tesla ke Texas nih, Be-emers.

Sejak 2003, Tesla sudah menempati kawasan Palo Alto, California -atau yang juga dikenal sebagai Silicon Valley.

Seperti yang diketahui, kawasan Silicon Valley merupakan kawasan yang ditempati oleh sejumlah perusahaan dunia, modal ventura, hingga kampus ternama dunia: Stanford University!

Namun, setelah lebih dari 20 tahun eksis di Silicon Valley, Tesla dikabarkan bakal pindah lokasi ke Austin, Texas. Pernyataan tersebut dikatakan langsung oleh CEO Tesla Elon Musk dalam rapat pemegang saham perusahaan, Kamis (7/10) lalu.

Kira-kira kenapa ya Elon Musk memutuskan untuk pindah dari Silicon Valley ke Austin, Texas?


Baca Juga: Saham Tesla Melonjak, Elon Musk Cuan US$200 Miliar dalam Sehari dan Geser Posisi Jeff Bezos
 

Pajak di Austin, Texas Lebih Murah

Salah satu alasan yang paling disorot terkait rencana pindahnya kantor pusat Tesla ke Austin, Texas, yakni karena pajak! Diketahui dari laman Reuters, California cenderung punya pajak dan biaya hidup relatif tinggi dibanding Texas.

Apalagi, semakin ke sini, Silicon Valley telah menjadi “sarang” pengembangan ide dan perusahaan baru. Diketahui dari laman Bisnis, Texas justru merupakan salah satu negara bagian Amerika Serikat yang memiliki pajak rendah dan biaya hidup yang lebih rendah dibanding wilayah AS lainnya.

Selain itu, Texas juga dikenal sebagai daerah dengan tenaga kerja yang lebih murah dan peraturan yang tidak terlalu ketat lho, Be-emers!

 

Tesla Pindah dari Silicon Valley ke Texas Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Tesla Pindah dari Silicon Valley ke Texas Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

 

California yang Macet dan Sulitnya Orang Beli Rumah

Selain karena pajak dan biaya hidup yang mahal, dikutip Reuters, Elon Musk menilai kalau California tetap "macet" dan sulit bagi orang untuk membeli rumah di California. Bisa dibilang nih, California itu sudah terlalu “complex” bagi seorang Elon Musk.

Bahkan, Elon Musk sendiri malah memutuskan untuk pindah dari California ke Lone Star State pada Desember 2020. Di satu sisi, Elon Musk juga diketahui punya hubungan yang sulit dengan California.

Bahkan, Reuters melaporkan bahwa orang terkaya di dunia itu juga mengancam untuk memindahkan kantor pusat Tesla dan program masa depan ke Texas selama perselisihan terkait penutupan pabriknya di California.

Baca Juga: Elon Musk Sorot Versi Percobaan Fitur Autopilot Tesla
 

Pembangunan Pabrik di Texas

Pindahnya Elon Musk dari California juga kabarnya dipicu oleh Musk yang ingin fokus pada pabrik baru pembuat mobil listrik. Selain itu, perusahaan roket SpaceX miliknya juga punya lokasi peluncuran di ujung selatan Texas.

Meski sedang membangun sebuah mobil besar dan kompleks manufaktur baterai di sana, Elon Musk tetap berencana untuk meningkatkan produksi dari pabrik utamanya di California dan Nevada sebesar 50 persen.

Adapun, jika Tesla benar-benar akan pindah ke Texas, perusahaan pembuat mobil listrik itu bakal resmi bergabung dengan perusahaan lainnya seperti Oracle, Hewlett Packard Enterprise, dan Toyota Motor nih, Be-emers.

Menurut kamu, mending Tesla pindah ke texas atau ke daerah lain aja nih?