Berkat Tren Denim yang Berkelanjutan, Profit Levi's Naik 56 Persen!

Berkat Tren Denim yang Berkelanjutan, Profit Levi's Naik 56 Persen! Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Berkat Tren Denim yang Berkelanjutan, Profit Levi's Naik 56 Persen! Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Demand yang kuat untuk pakaian denim yang nggak ada matinya telah mendorong pendapatan Levi’s naik 41 persen dibandingkan 2020 dan 3 persen selama 2019 lho, Be-emers!

Chip Bergh, selaku CEO Levi Strauss & Co atau yang lebih dikenal dengan Levi’s, menyampaikan data tersebut pada laporan pendapatan Q3 2021. Sejalan dengan banyaknya toko yang tutup selama pandemi tahun lalu, perbandingan dibuat dengan tahun 2019.

Laba bersih perusahaan meningkat sebesar 56 persen dibandingkan 2019. Saluran digital menjadi kontributor besar pertumbuhan di Q3 2021 dengan pendapatan naik 76 persen dibandingkan 2019 dan lebih dari 10 persen tahun 2020 lalu. Selain itu, penjualan digital mewakili sekitar 20 persen dari total pendapatan kuartal ketiga.

Levi telah membangun strategi untuk bertahan melawan masalah pada supply chain atau rantai pasokan. Bergh menjelaskan bahwa strategi sumber keragaman global Levi telah menjadi keunggulan kompetitif. Sumber silang telah menjadi inisiatif yang sukses dan memungkinkan perusahaan dengan cepat mengalihkan produksi saat masalah muncul.

Selain itu, perusahaan melakukan hal yang proaktif, salah satunya memindahkan pengiriman ke pantai timur karena pelabuhan pantai barat menjadi padat. Melalui kemitraan vendor yang kuat dan kelincahan dalam model produksi dan distribusinya, Levi telah mampu meminimalkan dampak rantai pasokan terhadap kepemilikan inventaris yang hanya turun 4 persen dibandingkan tahun lalu.


Pertumbuhan digital telah berdampak positif pada marjin kotor yaitu sebesar 57,6 persen dibandingkan 54,3 persen di tahun 2020 dan 53 persen pada 2019. Strategi penetapan harga Levi, kemampuan untuk meminimalkan kehabisan stok melalui strategi sumber keragaman global, dan fokus pada langsung ke bisnis konsumen diprediksi akan terus membawa pertumbuhan profitabilitas bergerak maju.

Saat banyak perusahaan ditantang dengan masalah rantai pasokan, Levi tampaknya bisa mengatasi masalah yang dihadapi banyak ritel lain di industri dengan fokusnya pada strategi sumber yang terdiversifikasi.

Selain itu, Bergh menyatakan bahwa Levi telah menegosiasikan harga kapas hingga musim semi 2022, sehingga efek bisnis jangka pendek dari harga kapas yang tinggi selama satu dekade ke depan akan teratasi lebih dini.

Levi juga membahas rencana keberlanjutan dengan inisiatif yang berfokus pada iklim, konsumsi, dan komunitas. Levi Strauss & Co. telah berkecimpung dalam bisnis denim selama lebih dari 168 tahun dan membuat produk tahan lama yang dengan bangga mematuhi filosofi panduan keuntungan melalui prinsip-prinsip di seluruh operasional perusahaan.

Pendekatan yang dilakukan oleh stakeholders Levi memungkinkan perusahaan untuk berkontribusi pada lingkungan yang lebih aman dan masa depan yang berkelanjutan.