Pertumbuhan Penjualan Melambat, CEO Asos Malah Mengundurkan Diri!

Nick Beighton Illustration Bisnis Muda - Image: drapers

Nick Beighton Illustration Bisnis Muda - Image: drapers


Salah satu online fashion ritel terbesar di Inggris, Asos Plc., dikabarkan tengah mendapat banyak tekanan nih, Be-emers. Enggak hanya tekanan kinerja seperti penjualan yang menurun, CEO Asos Nick Beighton pun dikabarkan mengundurkan diri lho!

Eksis sejak tahun 2000, Asos memang jadi wadah belanja untuk fashion anak muda. Dilansir dari laman resminya, website Asos bahkan sudah menjual lebih dari 850 brand, termasuk pakaian dan aksesoris.

Industri pakaian yang memiliki arti “As Seen On Screen” ini pun sudah mengirim prodknya ke 196 negara, yang berpusat di Inggris, Amerika, dan Eropa. Bahkan, dilansir Yahoo Finance, laba bersih Asos di tahun 2020 mencapai 142 juta poundsterling.

Namun, di tahun 2021, perusahaan yang didirikan oleh Nick Roberston ini justru mengumumkan kalau pihaknya tengah bersiap diri untuk mendapat penurunan laba nih. Hal itu terjadi seiring dengan masalah rantai pasokan yang membuatnya lebih sulit untuk mendapatkan pakaian ke pelanggan.

Baca Juga: CEO Johnson & Johnson Alex Gorsky Bakal Mengundurkan Diri Januari 2022, Siapa Penggantinya?
 

CEO Asos Mengundurkan Diri

Penurunan kinerja Asos di 2021 rupanya juga membawa efek domino nih, Be-emers. Pada perdagangan Senin (11/10), saham Asos turun hingga 17 persen.


Enggak cukup sampai di situ, CEO Asos Nick Beighton juga memutuskan untuk mengundurkan diri setelah enam tahun bekerja lho! Kenapa ya?

Dilansir Bloomberg, Chairman Asos Adam Crozier mengatakan bahwa saat ini perusahaannya membutuhkan "sepasang mata segar" dalam perombakan manajemen.

Selama kepemimpinan Nick Beighton, rupanya saham Asos telah kehilangan hampir setengah nilainya tahun ini. Selain itu, ritel online tersebut juga terhambat oleh masalah logistik, yang mana kesulitan dalam memindahkan stok di seluruh dunia sejak pandemi dan Brexit.

Bahkan, Bloomberg menyebutkan bahwa Asos telah menjadi salah satu pengecer yang paling terpukul oleh masalah rantai pasokan. Makanya, meski ada peningkatan jumlah konsumen, laba Asos rupanya malah enggak bisa terselamatkan.

Adapun, meski kini dirinya masih akan menjadi dewan hingga akhir tahun, pengundurang diri Beighton akan segera diproses.

Chief Financial Officer Asos Mat Dunn akan memimpin bisnis sehari-hari dan mengambil peran tambahan sebagai COO untuk sementara waktu sembari menunggu pengganti Beighton ditemukan.