Plus Minus Pakai Debit Card vs Credit Card

Plus Minus Pakai Debit Card vs Credit Card Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Plus Minus Pakai Debit Card vs Credit Card Illustration Web Bisnis Muda - Canva


Saat ini, memanfaatkan transaksi cashless memang mudah. Namun, ada kalanya kita harus memilih jenis pembayaran yang tepat, khususnya saat menggunakan kartu.

Kita dapat menggunakan kartu debit dan kartu kredit hampir di semua hal, mulai dari belanja kebutuhan sehari-hari, belanja online, hinga membayar tagihan.

Kali ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari penggunaan masing-masing kartu. Yuk, kita simak bersama!
 

Kartu Debit

Pada dasarnya, kartu debit adalah cek plastik. Saat kamu menggunakannya untuk melakukan transaksi pembelian, uang tersebut langsung dikeluarkan dari rekening bank yang kamu miliki. Jadi, jika kamu mencoba membelanjakan Rp 50.000 tetapi hanya memiliki Rp 25.000 di akunmu, bank akan menolak transaksi tersebut.

Dengan menggunakan kartu debit, kamu tidak akan dikenakan biaya ataupun bunga apapun, karena saldo milikmu langsung berkurang setelah melakukan transaksi. 

Umumnya, kartu debit juga berfungsi sebagai kartu ATM. Kamu dapat menggunakannya untuk mengambil uang tunai langsung dari rekening bank milikmu. Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan kartu debit?

 

Menghindari Utang, Namun Jumlah Dana Terbatas

Bagi banyak orang, keuntungan menggunakan kartu debit adalah tidak perlu berhutang saat menggunakannya. Kamu bisa membatasi pengeluaran sesuai dengan dana yang tersedia pada rekening yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga tidak akan dikenakan biaya bunga setiap bulannya. Namun, ketika suatu saat kamu kehabisan uang, kartu debit yang kamu miliki akan ditolak untuk transaksi apapun, kecuali, kamu memilih sistem overdraft protection di mana bank akan membayarkan transaksi tersebut lebih dahulu.

Hal ini akan menyulitkan ketika kamu memiliki pengeluaran mendadak yang tidak direncanakan dan kamu tidak memiliki simpanan dana sama sekali.
 

Tidak Ada Biaya Tahunan, Namun Dikenakan Biaya Lainnya

Penggunaan kartu debit bisa dibilang murah lho, Be-emers. Bank tidak membebankan biaya tahunan seperti pada kartu kredit. Salah satu manfaatnya adalah jika kamu membutuhkan cash dari ATM, kamu bisa mendapatkannya secara gratis tanpa potongan biaya.

Namun, ada beberapa bank yang menerapkan saldo minimal di dalam rekening. Jika saldomu tidak mencukupi, biasanya kamu akan dikenakan tambahan biaya diluar biaya admin bulanan.

Penggunaan kartu debit pada ATM lain yang tidak terafiliasi dengan bank pilihanmu juga akan membuatmu dikenakan biaya tambahan, Be-emers.
 

Cocok untuk Transaksi Kecil, Namun Sulit untuk Transaksi Besar

Merchant atau ritel tempatmu berbelanja atau bertransaksi harus membayar biaya di setiap proses pembayaran konsumen. Nah, biaya gesek atau pembayaran menggunakan kartu debit biasanya lebih rendah dibandingkan kartu kredit.

Namun, salah satu kekurangan dari kartu debit adalah jika kamu melakukan pembelian dalam jumlah besar, maka saldo di akun bank milikmu benar-benar terkuras. Berbeda dengan pengeluaran kartu kredit yang berupa pinjaman, sehingga kamu tidak perlu segera membayar kembali dan bisa lebih mudah mengelola pengeluaranmu untuk transaksi besar.

Lalu, bagaimana dengan kelebihan dan kekurangan penggunaan kartu kredit? Yuk, baca halaman berikutnya!