Suka dan Duka Membangun Bisnis Bersama Pasangan

Suka dan Duka Membangun Bisnis Bersama Pasangan Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Suka dan Duka Membangun Bisnis Bersama Pasangan Illustration Web Bisnis Muda - Canva


Memulai bisnis dengan pasanganmu bisa diibaratkan bagai memadukan bisnis dengan kesenangan. Bagi sebagian orang, hal ini bisa menjadi masalah, namun banyak juga yang percaya bahwa pasangan adalah mitra bisnis yang ideal.

Kali ini, kita akan membahas beberapa hal yang menjadi suka dan duka yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu mulai membangun bisnis bersama pasanganmu. Yuk, baca selengkapnya, ya!
 

Menghasilkan Lebih Banyak Uang untuk Berdua

Dibandingkan dengan berbisnis dengan orang lain, jika kamu berbisnis bersama pasanganmu, maka keuntungan yang didapatkan akan sepenuhnya menjadi milik berdua.

Selain itu, memiliki tujuan bersama di masa depan juga dapat menjadi motivasi yang luar biasa dalam mengembangkan bisnis.
 

Peningkatan Tekanan dalam Hubungan

Meskipun berbagi keuntungan dari bisnis yang menguntungkan bisa menjadi hal yang baik, hal tersebut juga bisa berdampak negatif ketika bisnismu mengalami masa-masa sulit.

Jika bisnis yang dibangun mengalami masa yang buruk, kedua belah pihak sama-sama akan menderita. Tanpa satu pihak yang memiliki penghasilan di luar bisnis tersebut, maka kalian akan kesulitan untuk melanjutkan dan meningkatkan penjualan.


Menurut data dari Small Business Administration (SBA), hanya ada setengah dari total usaha kecil yang bertahan selama lima tahun pertama beroperasi.
 

Komunikasi yang Terbuka dan Jujur

Bagian penting dari hubungan yang sehat adalah komunikasi, yang juga merupakan bagian dari kemitraan bisnis yang positif. Memulai bisnis dengan pasangan mengharuskan kamu untuk menyesuaikan jenis kemitraan yang baru dengan orang yang paling dipercaya.

Seiring berjalannya waktu, kamu akan menemukan gaya komunikasi yang efektif untuk kehidupan pribadi yang sekaligus menguntungkan hubungan profesional yang kamu dan pasangan miiki.
 

Masalah Jadi Bercampur Aduk

Bekerja dan hidup bersama pasangan bisa meningkatkan kemungkinan stress terkait bisnis yang juga bisa mempengaruhi hubunganmu.

Masalah yang seharusnya masuk ke ranah hubungan pribadi bisa terbawa sampai ke masalah bisnis yang dijalankan berdua. Hal ini bisa menjadi masalah besar jika kedua belah pihak tidak bisa menjaga profesionalitas dalam berbisnis.
 

Memiliki Teman Berbagi

Umumnya, menurut data dari National Federation of Independent Business, pasangan yang memilih untuk berbisnis bersama memiliki teman berbagi dalam menghadapi semua rintangan bisnis.
 

Gagal Hubungan dan Gagal Bisnis

Dalam berbisnis, kemungkinan untuk gagal akan selalu ada. Membangun bisnis bersama dengan pasangan akan menambah tingkat potensi masalah baru, yaitu pertimbangan kelangsungan hubungan dan juga kelangsungan bisnis.

Kalau hubungannya kandas, berarti bisnisnya juga bubar dong, Be-emers?

Menurutmu, apa tanggapanmu soal membangun bisnis bersama pasangan? Yuk, kirim komentarmu di bawah!