China Larang Peredaran Daging Sapi Inggris karena Penyakit Sapi Gila

China Larang Peredaran Daging Sapi Inggris karena Penyakit Sapi Gila Illustration Web Bisnis Muda - Canva

China Larang Peredaran Daging Sapi Inggris karena Penyakit Sapi Gila Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Be-emers tau nggak, kalau China telah melarang impor daging sapi Inggris untuk sapi di bawah usia 30 bulan setelah kasus bovine spongiform encephalopathy (BSE), atau penyakit sapi gila, di Inggris bulan lalu, lho.

Menurut pernyataan dari Administrasi Umum Kepabeanan, larangan itu mulai berlaku sejak 29 September 2021.

Hingga kini, China belum memulai kembali pembelian daging sapi dari Inggris setelah setuju untuk mencabut pembatasan sebelumnya pada 2018.

Dahulu, Beijing sempat memberlakukan larangan yang sama pada tahun 1990-an selama wabah BSE sebelumnya.

Pada bulan September, Badan Kesehatan Hewan dan Tumbuhan Inggris (APHA) mengatakan kasus BSE telah dikonfirmasi di sebuah peternakan di Somerset.


Pada tahun 2018, China mengakhiri larangan impor daging sapi dari Inggris selama dua dekade, yang pertama kali diperkenalkan setelah merebaknya BSE pada 1990-an.

Pada saat itu, pemerintah Inggris mengatakan pencabutan larangan itu akan bernilai £250 juta atau setara dengan Rp 4,8 triliun bagi produsen Inggris selama lima tahun ke depan.

Hal itu terjadi setelah bertahun-tahun inspeksi lokasi dan negosiasi antara pejabat di London dan Beijing.

Menanggapi masalah tersebut, Departemen Lingkungan, Pangan dan Urusan Pedesaan Inggris mengatakan sedang bekerja untuk meyakinkan pihak berwenang China bahwa kasus BSE telah berhasil dikelola dan untuk memastikan bahwa kondisi impor dapat dipenuhi.

Kepala petugas veteriner Inggris, Christine Middlemiss, mengatakan bahwa Inggris memiliki beberapa tingkat biosekuriti tertinggi di dunia, yang didukung oleh sistem kontrol yang kuat. Produk yang ditawarkan aman dan harus terus diperdagangkan.

Pada bulan September tahun ini, Amerika Serikat mengumumkan akan mencabut larangan impor domba Inggris yang telah berlangsung selama beberapa dekade. Amerika Serikat telah menghentikan impor domba Inggris sejak 1989, menyusul wabah pertama BSE.

Tahun sebelumnya, ekspor daging sapi Inggris ke Amerika Serikat dilanjutkan untuk pertama kalinya dalam lebih dari 20 tahun. Daging sapi Inggris dilarang oleh Washington setelah wabah BSE pada tahun 1996.

Baca Juga: Inggris Pertimbangin Perlindungan Hukum untuk Perasaan Hewan!