Apa Itu Affiliate Marketing dalam Bisnis?

Apa Itu Affiliate Marketing Dalam Bisnis? - Ilustrasi Web Bisnis Muda - Canva.com

Apa Itu Affiliate Marketing Dalam Bisnis? - Ilustrasi Web Bisnis Muda - Canva.com


Menjalankan sebuah bisnis yang dirintis dari nol hingga menjadi sukses adalah impian semua para pebisnis. Bisnis yang dijalankan bisa menguntungkan bagi kedua pihak, yaitu penjual dan pembeli.

Membangun bisnis menjadi sukses merupakan suatu hal yang bisa dibilang susah-susah gampang lho, Be-emers. Bisa dibilang mudah atau gampang jika memiliki banyak relasi serta bisnis yang dijalankan sesuai dengan target, namun bisa dibilang susah karena kurangnya relasi dan tidak jago dalam memasarkan produk.

Cara yang dapat memudahkan pengusaha dalam mengenalkan produk ke konsumen salah satunya bisa menggunakan e-commerce, yang sekarang ini memang banyak digunakan oleh masyarakat. Sebagai pebisnis yang sudah lama menjalankan bisnis pasti tidak asing lagi dengan kata affiliate marketing. Lalu bagimana kita mengenalkan affiliate marketing untuk bisnis pemula? Yuk, simak selengkapnya!
 

Apa Itu Affiliate Marketing?

Mengutip dari redcomm.co.id, affiliate marketing adalah sebuah model bisnis yang menerapkan sistem pemberian komisi atau jasa seseorang, yang telah membantu memasarkan produk atau jasa dari suatu perusahaan penyelenggaraan. Pemberian komisi baru bisa dilakukan ketika orang tersebut ini berhasil memasarkan produk atau jasa yang sudah ditentukan dengan jumlah tertentu. 

Secara simplenya, pemilik bisnis atau perusahaan hanya perlu mencari orang-orang yang berpengaruh untuk diajak bekerja sama dalam memasarkan produk atau jasa perusahaan dengan pemberian komisi dengan jumlah yang telah disepakati bersama.
 

Apa Saja Tips Menjalankan Affiliate Markerting?


Affiliate marketing dianggap sangat berpengaruh bagi pebisnis, apalagi untuk pemula yang baru ingin menjalankan bisnis. Berikut tips menjalankan affiliate markering, di antaranya:
  • Memilih Mitra Affiliasi Terlebih Dahulu

Ini adalah cara yang pertama untuk bisa menjalankan strategi ini dengan baik. glints.com, menjelaskan bahwa hal ini cukup penting, pemilihan afiliasi ditentukan oleh produk atau jasa yang ditawarkan, karena untuk bisa menjangkau target dengan mudah. Salah satu contohnya bisa melakukan kerja sama dengan perorangan yang menggunakan konsep endorse yang bisa dilakukan oleh orang yang berpengaruh terhadap produk atau jasa yang dipasarkan.
  • Menggunakan Strategi yang Tepat

Setiap pebisnis memang diharuskan bisa menggunakan strategi yang tepat agar produk atau jasa yang ditawarkan ini berdampak positif. Pebisnis harus lebih dulu mengetahui tujuan, jenis, dan segmentasi usahanya terhadap pasar. Seperti melakukan endorse kepada salah satu orang yang berpengaruh dan sesuai dengan pasar dari produk yang dijualkan ini.

 

Apa Keuntungan Affiliate Marketing?

Salah satu keuntungan dari program affiliate marketing adalah bisa mendapatkan keuntungan dari perusahaan karena adanya penjualan terhadap produk yang dipasarkan sehingga para pihak ketiga bisa mendapatkan komisi yang telah disepakati bersama. Semakin banyak penjualan, maka semakin banyak pula komisi yang didapatkan. Jika minim penjualannya, maka kecil juga komisi yang didapatkan.

Nah, sudah siap menerapkan strategi affiliate marketing pada bisnismu nggak nih, Be-emers?