Mobil vs Rumah, Beli yang Mana Dulu ya?

Mobil vs Rumah, Beli yang Mana Dulu ya? Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Mobil vs Rumah, Beli yang Mana Dulu ya? Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Saat beranjak dewasa, pasti kamu merasa ada banyak cita-cita dan target yang ingin dicapai, iya kan, Be-emers? Salah satunya adalah membeli rumah dan mobil untuk melengkapi kebutuhan hidup dan memudahkan aktivitas sehari-hari.

Namun, tak jarang banyak juga yang merasa bingung saat harus menentukan membeli mobil atau rumah terlebih dahulu, apalagi dengan jumlah dana yang terbatas. Untuk itu, diperlukan pertimbangan yang matang dan penentuan skala prioritas untuk bisa mengambil keputusan dengan bijak.

Membeli mobil terlebih dahulu bisa jadi pilihan untuk sebagian orang dengan alasan agar bisa melakukan mobilitas sehari-hari dengan nyaman, salah satunya saat harus berpergian ke kantor. Selain itu, jika mobil sedang tidak digunakan, kamu bisa menyewakannya dan menambah pendapatanmu.

Beberapa orang lainnya berpendapat bahwa lebih baik membeli rumah terlebih dahulu karena merupakan kebutuhan primer. Selain itu, harga rumah juga akan terus meningkat dan semakin mahal seiring berjalannya waktu.

Jika kamu sedang menghadapi dilema antara membeli mobil atau rumah lebih dulu, yuk kita bahas poin-poin yang bisa jadi pertimbanganmu, Be-emers!
 

Kondisi Finansial

Karena kedua aset tersebut sama-sama berharga tinggi, dengan dana yang terbatas, pastikan kamu mempertimbangkan pemakaian uangmu dengan bijak. Baik membeli mobil atau rumah, kamu harus tetap memiliki sisa uang yang dapat digunakan sebagai dana darurat atau tabungan.

 

Prioritas Kebutuhan

Keputusan membeli mobil atau rumah terlebih dahulu harus mempertimbangkan kebutuhanmu yang sebenarnya. Indikatornya bisa terlihat dari dampak buruk yang ditimbulkan jika kamu tidak segera memiliki salah satu dari kedua hal tersebut.
 

Nilai Guna Jangka Panjang

Selanjutnya, aspek pertimbangan yang harus ditentukan adalah manfaat jangka panjang dari pembelian tersebut. Pilihlah pada aset kekayaan yang memberikan manfaat paling banyak dan signifikan untuk kehidupanmu kini hingga nanti.
 

Peningkatan Harga

Keduanya memang memiliki nilai investasi di masa depan dan keduanya juga bisa menjadi aset yang menghasilkan. Namun, nilai kedua aset tersebut bisa meningkat atau menurun seiring berjalannya waktu. 

Rumah cenderung menjadi jenis investasi yang lebih menjanjikan untuk jangka panjang dibandingkan mobil. Di sisi lain, saat kamu ingin menjual aset tersebut, proses penjualan rumah memakan waktu lebih lama dibandingkan penjualan mobil.
 

Gunakan Kredit

Jika dana yang kamu miliki benar-benar terbatas dan akan langsung habis setelah membeli rumah ataupun mobil, hal tersebut bukan merupakan hal yang baik, Be-emers. Kamu akan kehilangan tabungan dan dana untuk kebutuhan darurat.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan fasilitas kredit bank yang berupa KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dan juga KKB (Kredit Kendaraan Bermotor). Sebagian dana yang kamu miliki bisa digunakan untuk membayar down payment, sehingga sisanya bisa kamu gunakan sebagai simpanan dana darurat atau investasi lainnya.

Semoga tips di atas bisa membantu dan mempermudah kamu mengambil keputusan ya, Be-emers!