Tips Menabung Harian yang Efektif

Tips Menabung Harian yang Efektif Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Tips Menabung Harian yang Efektif Illustration Web Bisnis Muda - Canva

Like

Pernahkah kamu mengalami kesulitan menyisihkan uangmu untuk menabung, Be-emers? Banyak hal yang seringkali menjadi alasan untuk kita tidak menabung, seperti jumlah uang yang tidak cukup, atau lupa untuk pergi ke bank.

Padahal, menabung bisa dilakukan dengan mudah lho, Be-emers. Kamu bisa mulai aktivitas menabung secara rutin dengan jumlah yang kecil agar kamu tidak merasa terbebani.

Selain itu, dengan membiasakan diri untuk menabung, kamu bisa membentuk kondisi finansial yang stabil. Menabung juga bisa memberikan banyak manfaat jika dilakukan secara konsisten dan jangka panjang.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika ingin memulai menabung harian secara efektif, di antaranya:
 

Menabung Secara Manual dan Nominal Kecil

Menabung setiap hari dengan nominal yang kecil memang terlihat mudah, Be-emers. Namun, jika kamu tidak menerapkannya secara disiplin, kamu akan cenderung untuk cepat menyerah dan akhirnya berhenti di tengah jalan.

Untuk memudahkan kegiatan menabungmu, kamu bisa melakukannya dengan cara manual, misalnya menyisihkan uang kembalian belanjamu untuk ditabung di tempat khusus atau celengan.


Mau besar ataupun kecil nominal tabunganmu, jika dilakukan secara kontinu dan rutin, jumlah tabunganmu akan bertambah tanpa disadari, lho. Memulai dengan nominal yang kecil juga bisa membentuk kebiasaan menabung yang baik.

Lambat laun, kamu bisa menambahkan nominal tabunganmu sedikit demi sedikit untuk bisa melangkah ke level menabung yang lebih tinggi.
 

Manfaatkan Diskon!

Ketika kamu harus menyisihkan uang untuk menabung, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati uang yang kamu miliki sama sekali kok, Be-emers.

Untuk tetap bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan tanpa harus boros mengeluarkan uang, kamu bisa memanfaatkan diskon atau promo yang ada, misalnya saat belanja, liburan, atau diskon liburan lainnya.
 

Batasi Belanja Online

Saat ini, platform online yang tersedia sangat memudahkan kita untuk berbelanja dan memenuhi segala kebutuhan, tanpa harus bersusah payah meninggalkan rumah. Namun, karena tingkat kemudahannya yang tinggi, belanja online seringkali membuat kita menjadi boros!

Jika tidak bisa menahan hasrat untuk berbelanja, bisa-bisa pengeluaranmu akan melonjak drastis dan akhirnya kamu tidak memiliki sisa dana untuk kamu tabung.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus membatasi diri dan lebih bijak dalam berbelanja. Kamu bisa buat list barang yang kamu butuhkan dan harus dibeli, sesuai dengan skala prioritasnya.

Nah Be-emers, Jika uang hasil tabungan harianmu sudah semakin banyak, kamu bisa memindahkannya ke rekening bank agar uangmu tersimpan dengan lebih aman. Kamu juga bisa memilih deposito atau tabungan berjangka lainnya.

Yuk, mulai menabung dengan konsisten ya, Be-emers!