Perusahaan Perangkat Lunak Keamanan McAfee Akan Diakuisisi Dalam Waktu Dekat

McAfee Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

McAfee Illustration Web Bisnis Muda - Image: Flickr

Like

Pemberitaan seputar perangkat lunak keamanan McAfee memang cukup mewarnai tahun ini. Terkhusus sejak sepeninggal pionir dan pendiri perangkat lunak keamanan tersebut yaitu John McAfee pada bulan Juni lalu.

Seperti diketahui, McAfee merupakan perangkat lunak keamanan pertama di dunia yang diperkenalkan serta diluncurkan pada tahun 1987 oleh John McAfee. Perusahaan yang berbasis di San Jose, California ini terbilang cukup mengalami banyak fase serta kejadian terutama semenjak pendiri dari McAfee hengkang dari perusahaan yang didirikannya pada tahun 1994.

Namun siapa sangka, dibalik kesuksesan serta keberhasilan perangkat lunak keamanan ini, McAfee juga beberapa kali dirundung kontroversi serta gejolak yang terjadi di kubu perusahaan perangkat lunak keamanan tersebut. Maka tak heran, semenjak hengkangnya John McAfee, perusahaan perangkat lunak keamanan tersebut sempat diakuisisi lebih dulu oleh Intel (INTC.O) pada tahun 2010.
 

Perusahaan Perangkat Lunak Keamanan McAfee Akan Diakuisisi Seharga $US14 miliar


Pihak Intel sempat tercatat lebih dahulu mengakuisisi McAfee dengan nilai perjanjian yang tercatat sebesar US$7,68 miliar atau Rp106 triliun.

Bahkan seusai akuisisi yang dilakukan, Intel sempat mengumumkan akan melakukan penggantian nama merek McAfee menjadi Intel Security atas dasar reputasi dari pendiri John McAfee yang pada saat itu dirundung beberapa permasalahan hukum.


Namun setelah prosesi akuisisi yang dilakukan oleh Intel berjalan hampir 11 tahun, diketahui McAfee diambil alih oleh sekelompok investor dalam kesepakatan senilai US$14 miliar atau sekitar Rp199 triliun.

Melansir dari Reuters, McAfee Corp (MCFE.O) mengatakan pada Senin, (08/11/2021) sebuah konsorsium yang dipimpin oleh perusahaan ekuitas swasta Amerika Serikat yaitu Advent International akan menjadikan perusahaan kemanan tersebut menjadi pribadi.

Kesepakatan itu muncul saat peralihan yang didorong oleh pandemi ke remote working serta dalam wujud peningkatan permintaan antivirus serta perangkat lunak kemanan digital.

Lebih lanjut lagi, sebagai bagian dari transaksi nantinya grup investor akan memperoleh semua saham McAfee yang beredar seharga US$26 per saham dalam kesepakatan tunai yang menilai McAfee sekitar US$12 miliar berdasarkan ekuitas.

Wah, bagaimana ya kira – kira nanti keberlangsungan dari McAfee seusai di akuisisi?