Bingung Bayar saat Makan Bareng? Ini yang Perlu Diketahui tentang Split Bill

Ini yang Perlu Diketahui tentang Split Bill Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Ini yang Perlu Diketahui tentang Split Bill Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Saat makan bareng pacar atau teman, mungkin kamu suka bingung nih ketika bayar. Nah, biar sama-sama enak, kayaknya patungan atau split bill bisa jadi solusinya nih, Be-emers.

Namanya makan bareng teman, apalagi pacar, terkadang suka ada rasa "gengsi" nih ketika ingin bayar. Namun, kamu akan boncos kalau harus membayar bill setiap kali makan bareng pacar atau teman lho. Hihi.

Bukan bermaksud pelit nih, Be-emers. Biar hubungan asmara dan pertemanan kamu tetap terjaga, enggak ada salahnya kok patungan untuk membayar bill setiap hang out bareng.

Baca Juga: Mending Punya Bisnis Patungan atau Sendiri? Ini yang Perlu Kamu Perhatikan
 

Apa Itu Split Bill?

Secara harfiah sih, dalam Bahasa Inggris, split bill artinya membagi tagihan. Dengan kata lain, saat kamu memiliki tagihan dan dipakai bersama-sama dengan orang lain, maka tagihan tersebut bisa dibayar dengan cara dibagi atau patungan.

Misalnya, tagihan pembayaran saat makan di restoran, naik taksi, menyewa penginapan, dan sebagainya. Semuanya bisa diselesaikan dengan metode split bill.


 

Ini yang Perlu Diketahui tentang Split Bill Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Ini yang Perlu Diketahui tentang Split Bill Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

 

Manfaat dan Cara Split Bill

Pada dasarnya, ketika kamu membagi tagihan dengan orang lain yang menggunakan fasilitas sama denganmu, hal itu mencegah kerugian lho. Pasalnya, ketika suatu fasilitas digunakan bersama, setiap individu di dalamnya berhak untuk membayar tagihan atas fasilitas tersebut.

Sehingga, hal itu enggak bakal merugikan satu atau dua pihak saja. Apalagi, kini metode split bill sudah cukup lumrah diterapkan lho, baik dalam pertemanan hingga hubungan asmara ketika sedang kencan.

Baca Juga: Pay Later VS Kartu Kredit, Mana yang Lebih Efisien?

Oh iya, dikutip dari laman ngertihukum.id, tidak ada hukum yang mengatur soal split bill. Dengan begitu, split bill dilakukan atas kesepakatan bersama nih, Be-emers.

Makanya, ada sejumlah cara yang bisa diterapkan saat melakukan split bill, antara lain:
  • Komunikasi dengan baik dan buat kesepakatan
    Masalah utama dari hubungan pertemanan dan asmara adalah komunikasi.

    Makanya, untuk menerapkan split bill dengan teman atau pacar, kamu perlu mengkomunikasikannya dengan baik terlebih dahulu dan buat kesepakatan agar bisa mengerti satu sama lain.
     
  • Bisa menggunakan aplikasi split bill
    Ternyata, ada sejumlah aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk menerapkan split bill lho, Be-emers.

    Dikutip dari laman Bisnis, sejumlah aplikasi yang menyediakan fitur split bill antara lain LINE. Jenius, Pawoon, Dana, dan GoPay.

Nah, kamu lebih suka split bill atau gimana nih saat makan bareng pacar atau teman?