Jadi Salah Satu Indikator Daya Saing, Apa Itu Market Share?

Jadi Salah Satu Indikator Daya Saing, Apa Itu Market Share? Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Jadi Salah Satu Indikator Daya Saing, Apa Itu Market Share? Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Be-emers, pasti kamu tidak asing dengan istilah market share, kan? Seringkali, market share menjadi salah satu aspek penentu kekuatan sebuah perusahaan, lho. Market share menjadi topik bahasan yang selalu hangat dalam persaingan bisnis, tak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia.

Umumnya, market share sering dijadikan indikator pengukur performa perusahaan dibandingkan dengan kompetitornya, terutama dalam industri yang sama dan jenis produk yang sama.

Lalu, apa sih sebenarnya market share ini? Yuk kita bahas bersama, Be-emers!
 

Pengertian Market Share

Menurut Investopedia, market share atau yang berarti pangsa pasar dalam Bahasa Indonesia adalah persentase dari total penjualan dalam industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu.

Nilai market share bisa dihitung dengan mengambil total penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama. Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya di dalam industri.

Perusahaan yang memiliki nilai market share atau pangsa pasar terbesar biasanya dianggap menjadi pemimpin dalam suatu industri. Untuk menghitung market share, kamu perlu menentukan periode yang ingin dianalisis, seperti kuartal fiskal, tahun, atau dalam rentang beberapa tahun.


Setelah itu, kamu perlu mengetahui total penjualan perusahaan dan juga total penjualan industri perusahaan selama periode yang dipilih. Setelah kedua data tersebut diperoleh, bagi total pendapatan perusahaan dengan total penjualan industrinya.

Salah satu contohnya adalah sebuah perusahaan tas menjual 100 ribu produknya dengan nilai Rp 50 miliar. Jumlah tas yang terjual di seluruh Indonesia memiliki total nilai Rp 150 miliar. Jika dihitung, maka pangsa pasar perusahaan tas tersebut di Indonesia adalah 33,33 persen.

Kamu bisa membandingkan angka pangsa pasar tersebut dengan perusahaan lain dalam industri sejenis, sehingga kamu bisa mengetahui perusahaan mana yang memiliki market share paling tinggi dan menjadi pemimpin dalam industri tersebut.
 

Fungsi Market Share

Banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengetahui pangsa pasar atau market share suatu perusahaan. Salah satunya adalah bagi investor dan analis yang bisa melakukan pemantauan kenaikan dan penurunan nilainya untuk bisa menganalisis daya saing dari produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan.

Selain itu, jika sebuah perusahaan mampu meningkatkan pangsa pasarnya, maka pendapatannya juga relatif lebih cepat meningkat dibandingkan kompetitornya. Peningkatan pangsa pasar dapat memungkinkan perusahaan untuk mencapai skala yang lebih besar dengan operasinya dan meningkatkan profitabilitas dan menjadi tolok ukur keberhasilan suatu bisnis.

Untuk memperluas dan meningkatkan pangsa pasarnya, perusahaan bisa melakukan berbagai cara, di antaranya menurunkan harga, memasang iklan yang menarik target konsumen, atau membuat inovasi produk baru.

Market share juga berfungsi untuk membandingkan ukuran antar perusahaan. Hal ini bermanfaat jika perusahaan tersebut ingin melakukan listing ke Bursa Efek Indonesia, karena dengan market share yang baik, maka perusahaanmu akan semakin menarik di mata investor.

Dengan mengetahui market share dari perusahaanmu, kamu bisa melakukan evaluasi terhadap kinerja perusahaanmu dan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada untuk bisa mengembangkan perusahaan lebih baik lagi.

Nah, gimana Be-emers, udah nggak bingung kan dengan apa itu market share?