12 Juta Anak di China yang Tersembunyi Akhirnya Terkuak!

12 Juta Anak di China yang Tersembunyi Akhirnya Terkuak! Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

12 Juta Anak di China yang Tersembunyi Akhirnya Terkuak! Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Be-emers tau nggak sih, baru-baru ini terkuak kabar bahwa China akhirnya menemukan 12 juta anak yang tersembunyi, lho! Ternyata, selama ini China tidak menghitung jumlah anak yang lahir pada tahun 2000 hingga 2010 secara menyeluruh.

Setidaknya, ada 11,6 juta anak China yang tidak terdaftar. Angka tersebut setara dengan populasi Belgia saat ini.

Buku tahunan statistik terbaru yang dikeluarkan oleh pemerintah menyebutkan jumlah sebenarnya anak yang lahir pada periode tersebut sebesar 172,5 juta, padahal hanya 160,9 juta pada kelompok usia tersebut yang tercatat dalam sensus 2010.

Kondisi tersebut disebabkan oleh salah satunya karena kebijakan untuk hanya memiliki satu anak yang ketat di China. Banyak orang tua yang tidak mau mencatatkan akta kelahiran untuk menghindari hukuman jika mereka melanggar kebijakan satu anak. 

Menurut ahli demografi independen He Yafu, China baru mulai mengizinkan semua pasangan untuk memiliki dua anak pada tahun 2016. Hal tersebut membuat orang tua tidak secara resmi melaporkan bayi mereka baru lahir jika mereka melebihi kuota anak yang diizinkan sampai anak berusia enam tahun dan perlu mendaftar ke sekolah.


Sekitar 57 persen dari anak-anak yang kemudian didaftarkan adalah anak perempuan. Kondisi tersebut dapat dikaitkan dengan orang tua yang tidak melaporkan anak perempuan sehingga mereka dapat terus mencoba untuk mendapatkan anak laki-laki.

Selain itu, sensus 2010 dilakukan pada 1 November 2010, sehingga melewatkan kelahiran dalam dua bulan terakhir pada tahun tersebut. Survei sensus juga biasanya tidak memasukkan orang yang telah meninggal atau beremigrasi pada tahun-tahun berikutnya.

Revisi yang dilakukan menunjukkan betapa sulitnya menghitung secara akurat jumlah orang di negara terpadat di dunia. Angka kelahiran untuk tahun 2011 hingga 2017 juga direvisi ke atas dalam buku tahunan statistik terbaru, menunjukkan masalah penghitungan jumlah anak yang lebih rendah kemungkinan berlanjut setelah 2010.

Namun, karena China sekarang secara efektif mengabaikan batasan ukuran keluarga, masalah perbedaan perhitungan di masa depan mungkin berkurang. Sementara, batas untuk sebagian besar keluarga saat ini ditetapkan pada tiga anak, tidak ada hukuman jika melebihi batasan tersebut.

Di sisi lain, jumlah kelahiran diperkirakan akan terus menurun di China dan total populasi bisa mulai menyusut pada awal tahun ini.

Baca Juga: Geser Posisi AS, China Kini Jadi Negara Terkaya di Dunia