Bisnis Berlipat pada Sektor Franchise

sumber gambar.freepik

sumber gambar.freepik

Like

Sektor bisnis memanglah menjadi sektor primadona saat ini dimana pada sektor bisnis ini menawarkan banyak benefit keuntungan penghasilan yang berlipat ganda. Dimasa pandemi sudah tidak lagi menjadi tantangan bagi para penggiat pengusaha atau pebisnis, melainkan menjadi sebuah peluang yang bisa dimanfaatkan untuk para bisnis memahami kebutuhan dari market atau konsumen.

Hal ini juga berlaku pada bisnis disektor Franchise dimana sektor bisnis Franchise menjadi salah satu sektor bisnis yang menjadi primadona saat ini. bahkan didalam sebuah buku buka langsung laris no.5, mangatakan bahwa salah satu saluran distribusi sekaligus promosi (D=P) adalah sistem waralaba atau Franchise.

Fenomena bisnis ini sudah nampak tilas dan terbukti nyata sukses mampu memiliki banyak brand besar menggunakan sistem ini, salah satu contohnya adalah bisnis atau perusahaan mulai dari Alfamart, Apotek Century, Starbucks,KFC, Indomaret, dan masih banyak lainnya lagi.

Lalu apa saja sih keuntungan dan benefit dari membuka bisnis sistem Franchise?
Berikut terdapat 5 keuntungan utama dari membuka bisnis sistem Franchise:
  1. Segmentasi pangsa pasar yang jauh lebih cepat dan meluas.
  2. Mekanisme sistem Sales mampu berkembang dengan baik dan memiliki sistem jaringan yang lebih luas dan terstruktur sehingga mampu menjual produk atau jasa yang kita miliki.
  3. Modal tipis hasil melejit karena bisnis Franchise menawrkan sistem modal usaha yang yang dibangun disetiap outlite dari bisnis anda yang menjadi tanggungan modal oleh para Franchise (pembeli Franchise).
  4. Tingkat sales yang terus meningkat dan terstrukur akan membuat daya tarik tersendiri terutama pada daya tawar kita terhadap supplier jauh lebih tinggi.
  5. Brand cepat berkembang dan dikenal oleh masyarakta luas karena bisnis ini cenderung mampu dipromosi secara tidak langusung oleh para pembeli Franchise yang hal ini akan berimpact pada peningkatan Citra dari brand yang kita miliki.

Namun Perlu anda catat para pebisnis muda karena tidak semua bisnis mampu begitu saja untuk di-franchise-kan begitu saja, mealinkan perlu ada beberapa persayrataan yang perlu dipenuhi oleh para juragan sebelum memutuskan untuk membuka Franchise.


Adapun syarat-syaratnya sudah mutlak tertuang dalam PERMENDAG No.71 Tahun 2019, Tentang Waralaba, yang menyatakan bahwa syarat bisnis  Franchise haruslah sebagai berikut:
  1. Bisnisnya mampu distandardisasi.
  2. Memiliki keunikan yang mampu memberikan nilai tambah.
  3. Bisa diajarkan atau bisa diduplikasi.
  4. Pemiliknya mastery dan sudah terbukti sukses.

Kesimpulannya membuat bisnis  Franchise bukan hanya berbiaca untuk memperbanyak sistem distribusi dan melipatgandakan keuntungan. Tetapi lebih berfokus pada penciptaan bisnis-bisnis dibawah bimbingan anda.