Telkom Resmi Buka Akses Netflix, Ini Alasan dan Prospek Keduanya

Netflix Illustration - Canva

Netflix Illustration - Canva

Like

Sesuai janjinya, Telkom akhirnya membuka akses Netflix nih buat para penggunanya. Horeee..

Diketahui dari laman Telkom, per hari ini (7/7), Netflix secara resmi bisa diakses di jaringan Telkom Group. Artinya, buat kamu para pengguna jaringan internet Telkom seperti IndiHome, Telkomsel, maupun wifi.id sudah bisa menikmati konten-konten yang ada di Netflix.

“Kemitraan ini merupakan upaya menumbuhkembangkan bisnis digital, serta untuk terus menjaga excellent customer experience TelkomGroup dengan menyediakan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam mengakses konten-konten berkualitas,” ungkap Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo.
 

Alasan Telkom Buka Akses Netflix

Arif menjelaskan, Telkom telah melihat adanya komitmen dari Netflix untuk dapat diterima di masyarakat Indonesia. Komitmen tersebut terlihat dari adanya upaya Netflix dalam memastikan ketersediaan tools dalam sistem pembatasan akses terhadap tayangan tertentu, seperti tayangan sensitif dan parental control.

Enggak cuma itu, Netflix juga telah menyepakati Self Regulatory Code for Subscription Video on Demand Industry in ASEAN. Dengan begitu, Netflix sepakat buat enggak menayangkan konten-konten yang melanggar hak cipta, mengandung unsur pornografi anak, terorisme, dan konten yang mendiskreditkan kelompok tertentu.

Nah, hal itu lah yang bikin Telkom jadi “luluh” dan akhirnya membuka jalan bagi Netflix. Dinilai sebagai peluang untuk meningkatkan kualitas layanan, Arif juga mengatakan, pihak Telkom berharap Netflix bisa memperbanyak tayangan konten lokal.


Hal itu pun disambut baik sama Netflix. Menurut Business Development Manager Netflix Tizar Patria, dilansir dari Bisnis.com, pihak Netflix pun bakal berkomitmen buat menambah tayangan film Indonesia.
 

Sama-sama Cuan

Dari data Bloomberg, sejak adanya anjuran #DiRumahAja, Netflix Inc diketahui telah berhasil meraih 15,8 juta  pelanggan baru pada kuartal I/2020. Lonjakan ini sekaligus jadi rekor kinerja perusahaan asal AS ini. Gokil!

Dengan dibukanya akses Netflix oleh Telkom, otomatis akan semakin memperluas layanan dan pasar mereka di Indonesia. Pasalnya, hal ini akan mendorong Netflix untuk bisa dinikmati di seluruh jaringan Telkom Group yang tersebar di nusantara.

Adapun, Telkom juga akan diuntungkan dengan bertambahnya pengalaman pelanggan dalam memperoleh konten hiburan. Apalagi, selama ini pelanggan Telkom Group sudah menanti-nanti banget dibukanya akses Netflix ini kan?

Sementara itu, kabar bahagia ini juga berdampak pada saham Telkom (TLKM) yang laku diborong asing. Diketahui dari laman Bisnis.com, di perdagangan hari ini, TLKM jadi saham yang paling banyak mencatatkan net buy hingga Rp147,2 miliar.