Instagram Akan Kembalikan Fitur Kronologis Sesuai Urutan Waktu Unggahan pada Feeds

Instagram Illustration Web Bisnis Muda - Image: Getty Images

Instagram Illustration Web Bisnis Muda - Image: Getty Images

Like

Mungkin Be-emers pernah ingat bahwa di awal kemunculannya, Instagram menyajikan feeds atau beranda yang memuat unggahan foto secara berurut sesuai waktu unggahan, bukan?

Nah, tapi fitur tersebut (chronological feed) telah hilang di tahun 2016 dan langsung tergantikan oleh algorithmic feed atau fitur yang mengurutkan unggahan foto berdasarkan algoritma khusus.

Namun, seiring berjalannya waktu, kehadiran fitur algorithmic feed ini justru mendatangkan keluhan oleh beberapa pengguna Instagram karena banyak pengguna yang merasa “melewatkan” beberapa feed secara terkini.

Mendengar bebeapa keluhan tersebut akhirnya CEO Instagram Adam Mosseri digadang akan mengembalikan fitur chronological feed lagi, lho, Be-emers!

Baca Juga: Instagram Hadirkan Fitur Take a Break Guna Kurangi & Cegah Kecanduan Menggunakan Platform


Fitur Chronological Feed Akan Kembali Hadir di Tahun 2022

Dilansir The Verge, awal bulan Desember ini CEO Instagram Adam Mosseri baru saja menyerukan kabar yang menjelaskan bahwa pihaknya akan mengembalikan fitur chronological feed sebagaimana diawal mula kemunculan Instagram dalam waktu dekat.


Seruan kabar yang diutarakan oleh Adam Mosseri seirama juga dengan panggilannya dihadapan Subkomite Senas AS tentang keamanan penggunaan Instagram kepada remaja dan anak-anak tak lama usai fitur Take a Break diluncurkan.

Pihak Instagram juga menambahkan bahwa rencana pengembalian fitur chronological feed ini telah dalam pengerjaan dalam beberapa bulan terakhir.

Nantinya, jika fitur chronological feed ini kembali akan memungkinkan pengguna untuk dapat melihat serta menikmati unggahan foto pada feed atau beranda Instagram secara terkini serta berurutan sebagaimana berdasarkan waktu unggahan.

Kendati demikian, Adam menuturkan bahwa walaupun fitur lamanya tersebut akan kembali, Instagram tidak akan membuang serta menyisihkan fitur algorithmic feed.

Adam bahkan menjelaskan bahwa Instagram juga akan menghadirkan satu fitur lainnya yaitu fitur favorite feed sehingga nantinya ketiga fitur tersebut akan dapat dipilih secara opsional.

Secara terpisah, pihak Instagram juga diketahui akan menghadirkan Instagram versi khusus untuk anak-anak dan remaja sebagaimana buntut dari panggilan Adam dihadapan Subkomite Senat AS.

Adapun prosesi serta langkah awal yang akan ditempuh oleh Instagram ialah dengan mendirikan badan industri yang akan membantu menangani serta mengontrol kegiatan anak-anak atau remaja pada platform miliknya.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?