BI Fast Rilis, Biaya Transfer Antar Bank Resmi jadi Rp 2.500!

BI Fast Rilis, Biaya Transfer Antar Bank Resmi jadi Rp 2.500! Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

BI Fast Rilis, Biaya Transfer Antar Bank Resmi jadi Rp 2.500! Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Good news, Be-emers! Bank Indonesia (BI) baru aja resmi meluncurkan BI Fast Payment yang juga dikenal dengan sebutan BI Fast. Nah, BI Fast sendiri merupakan sistem pembayaran ritel nasional yang baru, menggantikan SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia).

Perry Warjiyo selaku Gubernur BI menyampaikan bahwa pengembangan sistem BI Fast merupakan salah satu program transformasi digital pada sistem pembayaran ritel nasional. Program tersebut menjadi salah satu bagian dalam penerapan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia tahun 2025.

Selain itu, Perry juga menyampaikan bahwa Indonesia akan masuk ke peradaban baru yang tentunya ditandai dengan digitalisasi. Bank Indonesia sendiri bangga mempersembahkan dan mengenalkan BI Fast sebagai sistem pembayaran bersama Indonesia.

Ada beberapa value yang dihadirkan oleh BI Fast, yaitu operasional tanpa henti, real time system atau berlangsung seketika saat itu juga, mudah, aman, dan pastinya murah, Be-emers.

Hadirnya BI Fast juga diharapkan akan mampu mempercepat perkembangan digitalisasi ekonomi keuangan Tanah Air, melalui ekosistem yang terintegrasi secara end-to-end, mulai dari fintech, bank digital, e-commerce, dan juga konsumen.


Nah Be-emers, layanan BI Fast nantinya akan memungkinkan kamu sebagai nasabah untuk melakukan transfer secara online, lho! Lebih kerennya lagi, kamu bisa transfer hanya menggunakan informasi nomor handphone atau email penerima.

Untuk aktivitas transfer melalui BI Fast, BI menetapkan batas tertinggi sebanyak Rp 250 juta, sedangkan minimal transfer Rp 1, Be-emers! Selain itu, sistem BI Fast juga cenderung lebih fleksibel dibandingkan RTGS (Real Time Gross Settlement) dengan dana transfer Rp 100 juta hingga Rp 250 juta.

Ada manfaat lain yang ditawarkan BI Fast, nih, salah satunya adalah waktu penyelesaian pembayaran yang super kilat, yaitu hanya sekitar 25 detik aja, yang mana menjadi keunikan dibandingkan dengan transaksi SKNBI yang terbatas pada waktu tertentu dan jumlah besar.

Selain itu, skema harga BI Fast ditetapkan Rp 19 per transaksi dari BI ke peserta, sedangkan transaksi dari peserta ke nasabah ditetapkan seharga Rp 2.500 per transaksi. Murah banget ya, Be-emers!

Gimana menurutmu soal BI Fast ini, Be-emers? Yuk berikan komentarmu di bawah, ya!