Si Robot Hijau dan Si Lampu Biru yang Bikin Punya Sesuatu

Sedikit demi sedikit, Seterusnya akan Meningkat. (Sumber Gambar: Freepik)

Sedikit demi sedikit, Seterusnya akan Meningkat. (Sumber Gambar: Freepik)

Like

Halo! Selamat Bulan Desember, kawan-kawan semua.

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan suatu inspirasi buat kawan-kawan semua dimana saya memulai menabung di selain tabungan konvensional perbankan yaitu dengan berkenalan dengan perusahaan yang punya identitas warna hijau dan warna biru. Pada saat itu, bertepatan pada kuartal 1 di tahun 2021 yang membuat saya tahu dan mulai mengerti adanya investasi selain menabung di bank yaitu menabung di portofolio reksa dana dan portofolio saham.

Awalnya sih, kenalan sama platform atau aplikasi ini sih cuma iseng, cuma karena sebelumnya juga saya punya karakter untuk menyimpan dana finansial saya di tabungan, maka pada saat itu saya coba masukan dana saya di aplikasi tersebut.

Satu bulan pertama sih memang saya masih memahami cara kerja dari aplikasi tersebut, khususnya sih pada portofolio saham, yang mana perlu belajar tentang analisis teknikalnya dan saya belum terlalu paham soal analisis tersebut.

Ya, meskipun kalau urusan analisis fundamental saya sedikit banyaknya cukup mengerti. Namun, sebagai pemula yang baru masuk di ranah investasi saham dan reksa dana, saya perlu mempelajari sedikit demi sedikit pola dari investasi tersebut dan pada saat itu memang kebetulan saya berinvestasi pada saat keadaan "Merah", gitu sih kata orang-orang yang sudah berinvestasi duluan.


Namun pada saat itu, khususnya investasi saham, saya memang memilih perusahaan yang masuk dalam kategori perusahaan syariah yang memiliki fundamental yang cukup bagus. Mungkin orang lain berpikir kenapa ambil yang syariah, kan profitnya enggak besar???.

Namun, ya itu sih, tentang prinsip. Jadi, saya tidak mempermasalahkan itu. Tapi di waktu yang tepat, beberapa bulan yang lalu keadaan perekonomian atau bisa di lihat dari IHSG atau Indeks Harga Saham Gabungan mempunyai nilai atau dalam keadaan "Hijau", yang mana pada saat itu portofolio saya cukup menjanjikan. Pada saat yang tepat, di bulan tersebut saya terpaksa untuk mengambil cuan tersebut untuk berinvestasi di bidang yang lain.

Cerita di atas itu baru tentang saham ya, hehee. Nah, sekarang saya mau cerita tentang cuan dari Si Robot Hijau Reksa Dana yang memang portofolio terbesar saya ada di aplikasi ini.

Sama dengan pilihan jenis dan kategori investasi saham, kali ini saya pilih jenis reksa dana yang masuk kategori syariah dengan melihat performa dari reksa dana tersebut. Nah, sama dengan cerita sebelumnya, portofolio saya di reksa dana pun pada akhirnya saya cairkan karena mendapat cuan yang cukup menjanjikan dari investasi tersebut.

Mungkin orang-orang bertanya, "kak kenapa sih baru sebentar udah di lepas atau dicairin sih portofolionya? Kan sayang cuannya baru sedikit." Ya mungkin itu persepsi dari sudut pandang orang lain.

Namun, jawaban yang pasti, kenapa sih saya jual semua portofolio saya pada saat itu???. Jawabannya adalah di waktu yang hampir bersamaan saya mendapatkan informasi soal investasi sebidang tanah produktif, yang mana tanah tersebut saya putuskan beli dari hasil penjualan portofolio dengan harga yang relatif rendah di daerah tersebut.

Selain itu, tidak lebih dari 2 bulan dari pembelian, ada seseorang yang menawarkan untuk membeli kembali tanah produktif tersebut dengan harga yang cukup menjanjikan. Jika memakai persentase, ya lumayan lah ada keuntungan 22 persen dari harga awal.

Yang pasti sih, kita perlu sadar bahwa kita perlu bersyukur pada keadaan saat ini dan terus berusaha mencari peluang dari berbagai hal yang, dan kuncinya tetap "Jujur" dan "Semangat".

Selamat dan Salam Cuan. 

#CeritaCuan2021 #Bisniscom #BisnisMuda #KadoNatalTahunBaru