Akselerasikan Green Logistic, FedEx Pasok Van Listrik dari General Motors

FedEx EV Van Illustration Web Bisnis Muda - Image: Autoweek

FedEx EV Van Illustration Web Bisnis Muda - Image: Autoweek

Like

Kesadaran terhadap pengurangan emisi karbon memang sedang diakselerasikan oleh berbagai pihak, terkhusus perusahaan atau perseroan yang juga sedang berlomba menciptakan konsep green business.

Upaya penciptaan kognisi tentang konsep green business juga seraya dengan tanggung jawab moral yang kini sepertinya sedang dipikul oleh beberapa perusahaan atau perseroan tersebut.

Maka dari itu, setiap pihak memiliki langkahnya masing-masing dalam mengaplikasikan keberlangsungan bisnis yang tetap berjalan sesuai pedoman sustainability.

Nah, kini babak baru hadir dari salah satu perusahaan jasa pengantaran logistik multinasional asal AS yaitu FedEx setelah diketahui baru saja menjalin kemitraan dengan General Motors untuk ciptakan green logistic, nih, Be-emers!

Baca Juga: Tuntaskan Kesepakatan SPAC, Harley-Davidson Kenalkan Motor Listrik Pertamanya!
 

FedEx Terima Unit Van Listrik dari General Motors

Mengutip dari TechCrunch, FedEx dikabarkan baru saja menerima 5 unit EV (electric vehicle) berupa mobil van dari 500 unit yang direncanakan lewat serah terima yang dilakukan di Inglewood, California dengan pihak BrightDrop.


BrightDrop yang merupakan spin-off dari General Motors menerangkan bahwa penerimaan 5 unit awal van listrik tersebut menandakan dimulainya akselerasi komitmen untuk menciptakan green logistic.

Adapun unit van listrik yang diterima oleh FedEx merupakan tipe EV600 yang diketahui memiliki ruang kargo sebesar 600 kubik serta memiliki kapasitas baterai yang mampu berjalan hingga 250 mil serta dilengkapi dengan kemampuan keamanan kargo yang terjamin dari pintu yang dapat terkunci secara otomatis.

EV600 sendiri sebenarnya sudah mulai diproduksi sejak musim gugur lalu selaras dengan target FedEx yang ingin memulai menggunakan armada tersebut paruh pertama tahun 2022.

Chief Sustainability Officer FedEx Mitch Jackson juga menyambut baik upaya akselerasi tersebut dikarenakan FedEx telah berkomitmen untuk menyisihkan US$2 miliar atau sekitar Rp28 triliun demi terwujudnya netral karbon pada tahun 2040.

Sebelumnya, FedEx juga telah memiliki sekurangnya 2.944 kendaraan hybrid listrik baik berupa truk pengiriman, forklift hingga peralatan layanan darat bandara dari total 200.000 keseluruhan armada yang dimiliki.

Dilain kesempatan juga GM sempat melakukan uji coba kemitraan dengan FedEx Express tahun lalu lewat peluncuran produk palet listrik EP1 yang dapat digunakan untuk mengangkut paket dari kendaraan pengantaran ke depan pintu rumah pelanggan.

Dari situ lah upaya untuk melakukan kemitraan semakin solid buntut dari kehadiran EP1 yang dinilai cukup efektif lewat persentase peningkatan item pengiriman yang dicatatkan hingga 25 persen.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?