Anak Perusahaan Alphabet Inc. Berencana Kembangkan Taksi Listrik Otonom Tanpa Setir Kemudi dan Pedal Gas

Waymo Robotaxi Illustration Web Bisnis Muda - Image: Waymo

Waymo Robotaxi Illustration Web Bisnis Muda - Image: Waymo

Like

Be-emers sadar enggak sih, akhir-akhir ini industri otomotif sedang diramaikan oleh  kendaraan bersifat self-driving dari banyak pengembang selain Tesla?

Tak jarang, bahkan beberapa perusahaan pengembang teknologi self-driving saling menjalin kemitraan demi sebuah akselerasi, terlebih jika ingin terintegrasi dengan tenaga listrik.

Oleh karena itu, jalinan kemitraan yang kerap dijumpai adalah sebuah perusahaan pengembang teknologi self-driving dengan perusahaan teknologi. Seperti halnya yang dilakukan Intel ketika menjalin kemitraan dengan pengembang teknologi self-driving, yakni Mobileye.

Tak ingin tertinggal, induk perusahaan Google yaitu Alphabet Inc. dikabarkan juga baru saja menjalin kemitraan seiring dengan ambisinya menciptakan Robot Taksi tanpa setir kemudi dan pedal gas, lho, Be-emers!

Baca Juga: Akuisisi Perusahaan Self-Driving, Intel Akan Wujudkan Mobileye Untuk IPO di Tahun 2022


Waymo Jalin Kemitraan dengan Zeekr atas Proyek Robot Taksi

Dihimpun dari The Verge, perusahaan pengembang teknologi self-driving Waymo (bagian dan anak perusahaan dari Alphabet Inc.) diketahui baru saja melangsungkan jalinan kemitraan dengan Zeekr (bagian dari perusahaan otomotif Geely) atas proyek Robot Taksi pada Rabu, (29/12/2021) kemarin.


Jalinan kemitraan antara Waymo dan Zeekr ini nantinya akan menginisiasi pembuatan taksi listrik otonom ride-hailing yang hadir tanpa setir kemudi dan juga tanpa pedal gas.

Proses pembuatan serta perancangan proyek ini diketahui sepenuhnya akan dilakukan di Gothenburg, Swedia sebagaimana tempat yang dioperasikan Geely ketika melakukan kemitraan dengan Volvo.

Robot Taksi Waymo ini diproyeksikan hanya akan dilengkapi dengan sebuah roofbox diatapnya serta sebuah layar yang tertempel dibagian sebelah kiri depan.

Adapun, roofbox yang menyerupai topi di atap mobil tersebut berisikan sebuah sensor otonom dan sebuah layar yang tertempel disebelah kiri depan adalah pusat dari pengoperasian teknologi otonom yang dapat mengatur sistem Waymo Driver.

Selain itu, Robot Taksi Waymo ini juga akan memiliki aksebilitas yang jauh lebih luas jika dibandingkan dengan mobil pada umumnya dengan tidak adanya pilar B (kolom yang memisahkan pintu depan dan belakang).

Kendati begitu, walaupun banyak dari proyeksi gambar Robot Taksi Waymo ini tersebar, namun hingga kini kedua belah pihak hanya menautkan segelintir bocoran pada situs webnya.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?