Berikut Prediksi Fitur Android 13 Tiramisu yang Dikabarkan Hadir Tahun Depan!

Android 13 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Reuters

Android 13 Illustration Web Bisnis Muda - Image: Reuters

Like

Operation System (OS) Android 12 sebenarnya masih hangat diperbincangkan usai diluncurkan pada bulan Oktober lalu. Namun, kini Android 13 pun dikabarkan sudah siap untuk dirilis nih, Be-emers.

Beberapa pengguna rasanya juga belum menjamah keseluruhan pembaruan dari fitur Android 12. Enggak pakai waktu lama, Google malah langsung bergegas untuk menyiapkan OS Android 12L.

Tak sampai di situ, belum lama ini bahkan tersiar kabar terkait rumor yang akan hadir pada fitur Android 13. Hal itu pun sekaligus menambah rasa penasaran publik mengapa Google terbilang terlalu “terburu-buru” dalam mengembangkan sistem operasi Android.

Baca Juga: Netflix Luncurkan Mobile Game Pertamanya untuk Android!


Prediksi Fitur Android 13 Tiramisu

Dikutip dari Gizmodo, tepat pada Kamis, (23/12/2021) pihaknya baru saja mendapati bocoran fitur yang rencananya akan terdapat di Android 13 lewat salah satu sumber yang berasal dari XDA Developers.

Dalam laporan tersebut diungkapkan bahwa sistem operasi Android 13 akan memasuki versi beta di musim semi serta diperkenalkan ke publik pada awal musim gugur atau dengan tenggat prediksi pada bulan September atau Oktober tahun 2022.


Sementara itu, pada OS Android 13 ini diketahui nantinya akan mengusung internal codename “Tiramisu” sebagaimana tradisi penamaan Android yang selalu berkenaan dengan nama-nama dessert.

Lebih lanjut lagi, nantinya akan terdapat empat pembaruan yang akan dioperasikan pada Android 13 tersebut.

Pertama, fitur Panlingual. Pada fitur ini pengguna memiliki keleluasaan untuk dapat mengatur bahasa sesuai aplikasi masing-masing dengan bantuan App Language sebagaimana sebelumnya bahasa hanya bisa diatur secara keseluruhan.

Kedua, fitur The Android Resource Economy (TARE). Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat mengetahui secara terperinci atau kredit baterai atas setiap penggunaan aplikasi sehingga pengguna tak perlu khawatir lagi untuk kehabisan baterai ketika sedang dalam kondisi terdesak.

Ketiga, fitur penyempurnaan notifikasi masuk. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk dapat memilah atas setiap notifikasinya untuk ditampilkan atau tidak, sebagaimana sebelumnya pengguna harus menerima seluruh notifikasi secara pop-out dan harus dihilangkan secara manual.

Keempat, fitur facelift jam pada lock screen. Fitur ini hadir guna membuat tampilan jam lebih ramping dengan tampilan satu baris, sebelumnya tampilan jam selalu berubah menjadi dua baris ketika sedang berada di lock screen.

Secara terpisah, Android 13 ini juga dikabarkan akan memungkinkan pengguna untuk mengoptimalisasikan penggunaan Bluetooth LE (Low Energy) Audio sebagaimana diungkapkan oleh Mishaal Rahman dalam cuitannya di Twitter yang dikutip dari Android Police.

Gimana tanggapanmu, Be-emers?