Apa Sih Pentingnya Pemilihan Logo Bagi Suatu Brand?

Apa Sih Pentingnya Pemilihan Logo Bagi Suatu Brand Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Apa Sih Pentingnya Pemilihan Logo Bagi Suatu Brand Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva


Saat kamu membuat rencana untuk membangun bisnis, biasanya hal yang menjadi prioritas adalah modal berupa uang. Padahal, banyak faktor-faktor lainnya yang juga harus dipikirkan secara matang dan mendalam lho, Be-emers. Salah satunya adalah logo.

Dulu, banyak yang merasa bahwa logo hanyalah sebuah pelengkap dalam membangun bisnis. Padahal, logo merupakan aspek penting dalam kegiatan branding suatu perusahaan. Image atau citra dari perusahaan juga bisa tergambar lewat logo.

Untungnya, saat ini sudah banyak perusahaan yang bahkan rela menggelontorkan dana yang besar untuk membuat logo baru atau memodifikasi logo lama perusahaan mereka. Lalu, sebenarnya apa sih pentingnya logo bagi suatu brand?
 

Kesan Pertama dan Wajah Perusahaan

Logo menjadi hal pertama yang dikenal oleh konsumen kamu, Be-emers. Dilansir dari Tailorbrands, visual logo yang menarik bisa membuat seseorang menjadi ingin tau.

Nah, jika bisnis atau perusahaanmu memiliki logo yang baik sesuai dengan produk dan target pasarnya, hal tersebut bisa menarik minat konsumen untuk tau lebih banyak tentang bisnismu, lho.

Dengan logo yang tepat, kamu bisa menyampaikan pesan atau bahkan value yang kamu tawarkan kepada konsumen. Logo juga bisa menunjukkan keunikan brand yang kamu bangun.

 

Identitas Perusahaan

Be-emers tau nggak sih, pemilihan warna, bentuk, hingga font dari logomu mempengaruhi kemampuan untuk menceritakan brand atau perusahaanmu.

Terlebih lagi, jika perusahaan memiliki anak usaha dalam bidang yang berbeda dan menggunakan logo yang serupa tapi tak sama, bisa membuat konsumen mengenal dan memahami bahwa brand-brand tersebut berada di bawah naungan yang sama.
 

Diferensiasi

Berbisnis itu nggak bisa luput dari persaingan, Be-emers. Jika kamu memiliki logo yang khas dan khusus menggambarkan brand milikmu, maka kamu akan mempunyai hal pembeda dengan kompetitor lain di bidang yang sama.

Logo juga bisa menunjukkan bahwa kamu serius membangun dan menjalankan bisnismu. Dengan menggunakan logo yang baik dan menarik, kepercayaan konsumen juga bisa meningkat.
 

Meningkatkan Loyalitas

Sebaiknya, logo yang dibuat pertama kali bisa dipertahankan seterusnya ya, Be-emers. Pergantian logo yang terlalu sering akan membuat konsumen menjadi bingung dan sulit mengenal brandmu.

Nah, dengan memiliki logo yang khas, konsumen akan mengenal brand yang kamu bangun, menjadi top of mind para konsumen, yang akhirnya berpengaruh pada loyalitas konsumen terhadap brand yang kamu tawarkan.

Jadi, udah nggak bingung lagi kan soal pentingnya logo dalam membangun sebuah brand?