Langka dan Diyakini dari Luar Angkasa, Apa Itu Black Diamond?

Diyakini dari Luar Angkasa, Apa Itu Black Diamond? Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Diyakini dari Luar Angkasa, Apa Itu Black Diamond? Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Mengoleksi emas mungkin jadi pilihan alternatif investasi, terutama sebagai aset safe haven. Namun, ada black diamond alias berlian hitam yang jadi sorotan karena langka dan diyakini berasal dari luar angkasa nih, Be-emers.

Selain emas, berlian juga kerap dikoleksi para investor hingga dijadikan perhiasan kaum kelas atas. Bentuk berlian atau intan juga cukup cantik karena berkilauan seperti kristal.

Dilansir dari laman Galeri24, berlian itu terbentuk dari kedalaman 160 km di bawah tanah lho! Nah, berlian kemudian baru bisa muncul ke permukaan bumi bersama dengan lava dari letusan gunung.

Beda sama emas, berlian mengandung hampir 100 persen karbon. Atom karbon tersebut lah yang menghasilkan struktur kristal berlian dan membuatnya menjadi langka.

Enggak cuma itu, berlian juga merupakan batu alam paling keras di planet Bumi! Enggak heran deh, kalau berlian sangat diburu oleh kolektor hingga dijadikan perhiasan.


Di satu sisi, berlian itu ternyata punya beragam warna lho, Be-emers! Salah satu yang menarik perhatian adalah berlian hitam!

Baca Juga: Bertabur Berlian Hingga Mutiara, Masker Ini Jadi yang Termahal di Dunia
 

Mengenal Apa Itu Berlian Hitam

Dari semua warna berlian yang ada di Bumi, berlian hitam ternyata jadi jenis berlian yang paling populer lho!

Bahkan, dilansir dari laman Naturally Colored, dalam beberapa tahun terakhir popularitas cincin pertunangan non-konvensional telah meningkatkan permintaan berlian hitam alias black diamond.

 

Black diamond Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Black diamond Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Black diamond atau berlian hitam adalah salah satu jenis berlian yang punya zat paling keras di dunia dan tak berkilauan seperti halnya berlian putih. Berlian hitam ini juga kerap disebut dengan Carbonado, dikutip dari Galeri24, yang dalam bahasa Portugis berarti “terbakar hangus.”

Berdasarkan info di laman Naturally Colored, ada tiga tipe black diamond, antara lain:

1.Natural Black Diamond (Berlian Hitam Alami)

Sangat berbeda dari berlian berwarna lainnya, Natural Black Diamond biasanya mendapatkan warna karena ada zat-zat yang melekat padanya selama proses pembentukan, seperti grafit yang menyebabkan warnanya jadi tampak hitam.
 

2.Treated Black Diamonds (Berlian Hitam Terawat)

Nah, ada nih berlian hitam yang sebenarnya merupakan berlian putih yang dirawat. Berlian hitam jenis ini sering juga disebut sebagai "berlian hitam tanpa warna.”

Bisa dibilang, berlian jenis ini merupakan berlian hitam buatan dari berlian putih yang kurang laku. Sehingga, berlian hitam jenis ini menjadi yang termurah di pasaran.
 

3. Laboratorium Black Diamond (Berlian Hitam Buatan)

Ternyata, berlian hitam juga bisa dibuat dengan tangan manusia atau rekayasa laboratorium/sintesis nih, Be-emers. Namun, bukan berarti berlian hitam jenis ini 100 persen palsu lho.

Berlian yang ditanam di laboratorium sebenarnya masih tidak semurah Treated Black Diamonds. Soalnya, Laboratorium Black Diamond membutuhkan biaya penelitian yang berton-ton, mesin yang berat dan mahal, serta tenaga manusia.

 

Benarkan Black Diamond Berasal dari Luar Angkasa?

Dilansir Bloomberg, balai lelang seni Sotheby’s meyakini bahwa berlian hitam 555,55 karat berasal dari luar angkasa lho, Be-emers! Bukannya berlian itu berasal dari perut Bumi ya?

Hal itu dikatakan oleh pihak Sotheby’s saat pihaknya memamerkan berlian hitam langka bernama “The Enigma” di hadapan publik -sebelum berlian tersebut akan dilelang pada bulan Februari 2022 di London.

Dikarenakan sangat langka, Sotheby’s pun memperkirakan berlian itu akan dijual setidaknya dengan harga 5 juta poundsterling atau senilai US$6,8 juta. Bahkan, lembaga lelang internasional itu berencana untuk menerima cryptocurrency sebagai pembayaran berlian hitam The Enigma.

 

Black diamond Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Black diamond Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Spesialis perhiasan di Sotheby's Dubai bernama Sophie Stevens, dikutip Bloomberg, mengatakan bahwa mereka percaya berlian hitam terbentuk melalui asal-usul luar angkasa. Lebih tepatnya, berlian hitam berasal dari meteorit yang bertabrakan dengan Bumi dan membentuk disposisi uap kimia atau berasal murni dari meteroit itu sendiri.

Berlian hitam adalah jenis berlian paling langka di dunia. Nah menariknya, black diamond ini hanya ditemukan secara alami di Brasil dan Afrika Tengah lho!

Dilansir dari Galeri24, berlian hitam alami juga sebenarnya enggak pernah ditambah dari perut Bumi seperti halnya berlian jenis lain. Berlian hitam justru selalu ditemukan di lapisan aluvial alias hampir menyentuh lapisan permukaan Bumi.

Makanya, enggak heran deh kalau berlian hitam ini sangat langka dan dihargai dengan angka fantastis!

Nah, kalau menurut kamu, lebih cuan mengoleksi berlian atau emas?