Punya Passion di Bidang Animasi? Yuk Kenali Karir Menjadi Animator

Animator | Sumber.Freepik

Animator | Sumber.Freepik

Like

Sejak kecil punya hobi menggambar?

Kegemaran menggambar, dapat menjadi sebuah ciri seseorang memiliki keahlian di bidang animator. Seorang ahli animator lahir karena kegemarannya dalam menggambar.
 

Lalu, Apa Itu Animator?

Animator merupakan Seseorang yang memiliki keahlian untuk membuat beberapa kombinasi gambar di dalam satu frame dan  gambar tersebut mampu bergerak. Kamu dapat menemui beberapa karya animator pada film, kartun, anime, video game, iklan, dan masih banyak lagi lainnya.

Perlu kalian pahami bahwa dunia karir animator bukanlah sebuah pekerjaan yang baru, melainkan sudah ada sejak tahun 1900-an. Salah satu contoh konkrit dari dunia animator lama yaitu Walt Disney, yang menjadi salah satu yang memproduksi film animasi bersuara pertama di era itu.

Di dalam dunia karir, pasti akan ada tugas dan tanggung jawab. Tugas dan tanggung jawab dari seorang animator cukup banyak.

Berikut adalah 5 Tugas Animator yang paling umum dijumpai banyak orang.

1. Mendesain dan membuat kerangka cerita, serta mampu menyesuaikannya dengan kombinasi gambar.
2. Mendesain dan membuat grafik, animasi, serta gambar pada sebuah perangkat komputer dan laptop.
3. Melakukan pertemuan dan meeting dengan beberapa klien untuk mendiskusikan ide konten animator.
4. Melaksanakan eksekusi proyek animasi dan berdiskusi dengan rekan kerja.
5. Mengkolaborasikan dengan team seniman agar dapat membuat efek visual.

Selain itu, di dalam dunia karir, animator tidak hanya berfokus satu bidang saja, melainkan terdapat beberapa bidang keahlian berbeda dari seseorang animator.

Baca Juga: Passionmu Kelihatan Remeh? Simak Kisah Inspiratif J.K. Rowling

Berikut terdapat 3 jenis animator yang perlu kamu ketahui:
1. Animator 2D
Sesuai dengan namanya, animator 2D pada umumnya akan membuat konten animasi dua dimensi. Saat pembuatan animasi 2D pun tampak lebih sederhana baik dari gambar dan juga warna.

Walaupun terlihat sederhana, namun konten 2D tetap masih diminati oleh penonton. Sebagai buktinya, masih banyak orang yang memproduksi film animasi 2D tersebut.

2. Animator 3D
Animasi 3D lebih cenderung seperti nyata, karena memiliki 3 dimensi. Animasi 3D bisa dikatakan sebagai perkembangan dari animasi 2D.

Salah satu konten animasi 3D adalah film kartun Upin dan Ipin. Sedangkan pada dunia game, visual dari 3D ada pada game Mobile Legend dan PUBG.

3. Animator Motion Graphic
Selain Animasi 2D dan 3D, terdapat pula animasi Motion Graphic. Motion Graphic adalah karya desain grafis yang statis, namun diberi efek suara dan gerakan tanpa mengikuti narasi.

Jika dilihat, seseorang animator memiliki potensi karir yang menjanjikan. Bagaimana tidak, saat ini industri kreatif di Indonesia terus berkembang.

Secara umum, seorang Animator dapat bekerja pada bidang Texture artist, Compisiting Artist, dan Art Director Animasi.