Produk Kamu Bisa Laris Manis dengan Melakukan Hal Ini!

Produk Laris Manis | Sumber. Freepik

Produk Laris Manis | Sumber. Freepik

Like

Tiap hari jualan, tapi tetap saja penjualan produk tidak meningkatkan. Tanpa disadari, bahwa dalam sebuah bisnis perlu adanya pengelolaan yang baik dan terintegrasi.

Sistem yang dibuat harus relevan dengan skema pemasaran bisnis kita. Jika produk kita sulit laku atau tidak diminati oleh pelanggan, berarti ada yang salah dengan apa yang kamu lakukan. Sukses tidaknya bisnismu, sangat bergantung pada sistem pemasaran yang kamu lakukan.

Maka, penulis berusaha untuk memberikan solusi cara yang bisa dilakukan oleh para pebisnis. Agar produknya mampu laris manis di pasaran.

Baca Juga: Salah Pilih Strategi Marketing, Hati-Hati Bisa jadi Brand Dilution!

Terdapat 5 hal utama yang perlu kamu lakukan agar produkmu laris manis:

1. Jelaskan Spesifikasi Produk yang Ada di Bisnismu.

Spesifikasi produk berguna karena akan mempermudah konsumen dalam membayangkan bentuk produk yang kamu miliki.


Di dalam merangkai penjelasan spesifikasi produk, kamu perlu memaparkan produk kamu dengan jelas dan menarik. Supaya saat konsumen melihat, mereka bisa merasa nyaman dan mudah dipahami.
 

2. Tata Kelola Segmentasi Pasar.

Mengatur dan mengelola siapa yang menjadi target utama dari produk kamu sangat penting untuk diperhatikan.

Pemetaan dilakukan agar kamu bisa memproyeksikan seberapa besar potensi konsumen dari produkmu. Dengan pendekatan ini, kamu akan bisa menyesuaikan produk kamu dengan kebutuhan market.
 

3. Pilih Lokasi Strategi Pemasaran.

Setelah kamu mampu mengelola dan memahami segmentasi pasar, maka hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu memilih lokasi yang tepat untuk melakukan proses pemasaran.

Sebagai contoh, jika pada tata kelola segmentasi pasar sebelumnya adalah untuk mahasiswa, maka produk kamu bisa kamu pasarkan melalui media sosial seperti Instagram atau event kampus.
 

4. Rutin Melakukan Promosi.

Cara sederhana untuk bisa menarik perhatian konsumen adalah dengan cara memberikan sebuah diskon kepada pelanggan. Sebab, kebanyakan pelanggan akan jauh lebih suka untuk membeli jika terdapat diskon.

Sehingga, potensi ini harus kita lakukan supaya kamu bisa tetap menjual produkmu. Di lain sisi, dengan adanya promo khusus bagi konsumen, hal tersebut akan bisa menjaga engagement antara kamu dan konsumen.

Produk yang bisa laris manis, bukan terjadi karena hal-hal yang sederhana dan itu-itu saja. Perlu adanya gebrakan dan cara khusus yang seperti sudah dijelaskan sebelumnya.

Ketika kita telah mampu memahami cara dan strategi, maka bukan menjadi tidak mungkin lagi jika produkmu akan laris manis.

Baca Juga: Jenis-Jenis Media Marketing untuk Promosikan Brand Milikmu!