Jenis-Jenis Media Marketing untuk Promosikan Brand Milikmu!

Jenis-Jenis Media Marketing untuk Promosikan Brand Milikmu! Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva

Jenis-Jenis Media Marketing untuk Promosikan Brand Milikmu! Illustration Web Bisnis Muda - Image: Canva


Sebagai pemilik bisnis, kadang kamu suka bingung nggak sih, Be-emers, memilih media pemasaran yang cocok untuk produk atau layanan yang kamu tawarkan? 

Nah, kamu perlu mengetahui jenis-jenis media pemasaran dan masing-masing keuntungannya. Dengan menggunakan media yang tepat untuk segala kegiatan pemasaranmu, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

Lalu, apa aja sih jenis-jenis media marketing atau media pemasaran untuk mempromosikan sebuah brand atau bisnis? Yuk, kita bahas bersama, Be-emers!
 

Radio Marketing

Jenis media marketing yang satu ini memasarkan produk atau layanan yang ditawarkan melalui iklan di stasiun radio. Dengan saluran yang banyak dan beragam, pemasaran via radio bisa menjangkau audiens yang cukup luas.

Bahkan, hingga saat ini, strategi pemasaran melalui radio masih digunakan oleh banyak brand, lho! Hal tersebut didukung dengan biaya iklan di radio yang relatif murah.
 

Television Marketing

Pemasaran lewat iklan pada televisi atau TV menyiarkan video komersial saat jeda acara, film, atau segmen tertentu pada stasiun TV. Biasanya, cara yang satu ini digunakan oleh profesional karena membutuhkan budget yang lebih besar.


Iklan pada TV dapat menggunakan elemen visual dan audio untuk menggambarkan brand atau perusahaan yang dipromosikan, yang mana dapat menjangkau dan menarik perhatian lebih banyak audiens.
 

Print Marketing

Nah, jenis yang satu ini termasuk cara yang tradisional, Be-emers. Jenis ini umumnya merujuk pada publikasi di majalah dan surat kabar. Slot iklan yang ditawarkan pada media cetak umumnya memiliki harga yang terjangkau.

Keuntungan dari jenis media marketing yang satu ini adalah majalah dan surat kabar umumnya memiliki fokus topik dan demografi tertentu, sehingga target audiens-nya juga menjadi spesifik.
 

Email Marketing

Be-emers, apakah kamu sering mendapatkan newsletter updates pada emailmu? Nah itulah salah satu bentuk email marketing. Email yang dikirimkan biasanya berisi informasi seputar produk hingga promosi untuk bisa membantu mendorong sales atau conversion.
 

Social Media Marketing

Paling banyak digunakan saat ini, pemasaran yang dilakukan melalui media sosial memungkinkan audiens untuk berinteraksi dengan iklan yang ada, misalnya memberikan komentar ataupun memberikan like pada setiap posting-an yang ada.

Nah, dengan berbagai platform media sosial yang saat ini tersedia, kamu bisa menjalankan campaign di seluruh platform tersebut untuk menjangkau konsumen yang berbeda-beda, tentunya yang sesuai dengan targetmu ya, Be-emers.
 

Search Engine Marketing

Dilansir dari Indeed, SEM atau search engine marketing merupakan media marketing untuk mendatangkan traffic ke website perusahaan. Kamu bisa membeli slot iklan untuk menempatkan website-mu pada first page laman pencarian seperti Google.
 

Influencer Marketing

Influencer atau yang juga seringkali dianggap key opinion leader (KOL) merupakan jenis media marketing di mana sang influencer membuat sebuah post di berbagai media sosial yang mereka miliki. Jenis posting-an dapat berupa foto atau video seputar brand yang ingin diiklankan.

Nah, itulah beberapa jenis media marketing yang bisa kamu pilih untuk mempromosikan brand-mu, Be-emers! Semoga bermanfaat!