3 Cara Riset Kata Kunci di Shopee, Mencari Produk yang Laku untuk Dijual di Bulan Ramadhan

Tools Shopix

Tools Shopix

Like

Mungkin kamu bertanya apakah penting untuk melakukan riset kata kunci bila ingin berjualan di marketplace.

Apakah dengan melakukan riset tersebut bisa mempengaruhi kemajuan dari toko online yang ada? Misalnya, di marketplace Shopee. Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah, jelas sekali penting.

Misalnya, bila kamu sudah membuat akun toko di marketplace dan sudah mengupload banyak produk, tetapi toko kamu masih sepi pengunjung.

Pasti ada beberapa hal yang harus diperbaiki, salah satunya adalah mengecek kata kunci yang kamu gunakan untuk toko online kamu.

Apakah kata kunci yang kamu gunakan sama dengan kompetitor? Jika iya, toko kamu akan berada di urutan paling bawah.


Apalagi bila kompetitor adalah toko yang sudah besar. Maka, pemilihan kata kunci sangatlah penting untuk mengoptimasi toko online kamu.

 

Apa Itu Riset Kata Kunci Shopee?

Riset kata kunci (keyword) marketplace Shopee adalah sebuah proses dalam mencari sebuah frasa yang cocok dan bisa membuat pengunjung marketplace menuju toko online kita yang ada di shopee.

 

Ilustrasi Marketplace

Ilustrasi Marketplace



Dengan banyaknya kunjungan (traffic) ke halaman toko online, maka kemungkinan besar akan terjadi peningkatan dalam penjualan produk yang ada di toko kamu.

Selanjutnya adalah bagaimana cara riset kata kunci di Shopee. Di bawah ini akan diulas secara singkat cara riset kata kunci Shopee secara mudah dengan memanfaatkan fitur bawaan dari Shopee itu sendiri.

Selain itu, satu contoh menggunakan alat bantu, atau tools riset kata kunci shopee dari pihak ketiga untuk mempermudah proses riset keywords di shopee.

 

3 Cara Riset Kata Kunci di Marketplace Shopee

Dibawah ini ada tiga cara untuk bisa mencari kata kunci produk yang banyak di cari oleh pengunjung shopee, dua diantaranya dengan memanfaatkan fitur yang ada di marketplace shopee itu sendiri.

Silakan kamu bisa kamu simak tiga cara riset kata kunci di Shopee berikut ini :
 

1. Cara Riset Keyword Shopee Memanfaatkan Kolom Pencarian

Cara pertama mencari kata kunci produk yang banyak dicari di Shopee adalah dengan memanfaatkan fitur kolom pencarian Shopee itu sendiri.

Dengan kolom pencarian itu, kamu bisa menemukan banyak keyword Shopee related search. Kamu tinggal mengetikan kata kunci produk yang kamu jual, maka akan muncul kata kunci turunan dari kata kunci utama produk kamu.

Baca Juga : Shopee Indonesia Engga Jual Sejumlah Produk Impor, Ini Alasannya

Misalnya kamu menjual produk " Baju Bayi Perempuan ", maka akan tampil kata kunci turunan lainnya. Kata kunci itulah yang bisa kamu catat dan filter nantinya untuk digunakan atau disisipkan ke dalam judul produk, deskripsi produk, dan juga hashtag produk.

 

Keyword Suggestion Shopee

Keyword Suggestion Shopee



Kamu bisa lihat ada banyak keywords turuanan yang bisa kamu ambil dan sortir, lalu disesuaikan dengan produk yang kamu jual. 

Buat mencari kata kunci lainnya, kamu tinggal ketikan kata kunci lainnya berulang-ulang untuk mendapatkan banyak kata kunci yang relevan dengan produk yang kamu jual.

Ini adalah cara pertama riset kata kunci di shopee dengan memanfaatkan keywords suggestion Shopee di kolom pencarian.

 

2. Cara Riset Kata Kunci Menggunakan Fitur Iklan Pencarian

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan fitur untuk melihat kata kunci apa saja yang pencariannya banyak, fitur ini ada di menu Iklan Shopee - Buat Iklan Baru - Pilih Iklan Iklan Pencarian.

 

Menu Iklan Shopee

Menu Iklan Shopee



Setelah memilih iklan pencarian, kamu akan masuk ke halaman Buat Iklan Pencarian, dibagian bawah ada menu Pengaturan Kata Kunci, disana kamu bisa Pilih Manual.

Di sana, terdapat tombol "Tambah Kata Pencarian", Nah, di sana kamu bisa mengexplore kata kunci utama yang ingin kamu cari.

Di halaman tersebut, kamu akan mendapat informasi kata kunci turunan dan juga data volume pencarian perbulan untuk kata kunci tersebut. Misalnya, seperti kata kunci "Baju Bayi Perempuan."

Hasil dari pencarian tersebut seperti di gambar di bawah ini, untuk kata kunci "Baju Bayi Perempuan" ada 1.268.947 pencarian setiap bulannya dengan estimasi biaya per klik Rp. 313.

 

Iklan Shopee Pencarian

Iklan Shopee Pencarian


Kamu bisa mengulanginya untuk melihat kata kunci yang kamu bidik dan catat di Microsoft Excel untuk data-datanya, supaya bisa kamu sortir lagi sesuai kebutuhan.

 

3. Cara Riset Kata Kunci Shopee Menggunakan Aplikasi Shopix

Berikutnya adalah tutorial mencari kata kunci di Shopee dengan bantuan software pihak ketiga yang bernama Shopix, aplikasi ini memilki fungsi untuk mempermudah dalam proses riset keywords shopee.

Baca Juga : Syarat dan Cara Daftar Driver Shopee Food

Jenis aplikasi ini adalah add ons browser Chrome. Jadi, cukup di install di browser saja.

Pada tools ini, informasi yang ditampilkan cukup lengkap dan ditambah bisa mendapatkan banyak kata kunci turunan hanya dengan sekali klik. Selain itu, kamu bisa langsung menyimpan hasil dari pencarian keywords tersebut ke file CSV atau Excel secara otomatis.

Tampilan hasil risetnya seperti dibawah ini, dengan informasi kata kunci, relevance skor, volume pencarian perbulan dan  estimasi biaya per klik, bila mau menggunakan shopee ads pencarian.

 

Tools Shopix

Tools Shopix

 

Untuk menyimpan hasil riset, kamu tinggal klik tombol "excel" atau "csv,"  Kalau mau dicopy ke notepad, tinggal dipilih sesuai kebutuhannya saja. Tools Shopix ini lebih mempermudah dan mempercepat proses riset kata kunci di Shopee

 

Mencari Produk untuk di Jual di Bulan Ramadhan

Setelah mengetahui bagaimana cara mencari kata kunci produk, saatnya kamu praktek mencari produk-produk yang bisa kamu jual di bulan Ramadhan.

Ada banyak produk yang bisa kamu pilih dan jual lagi di Instagram atau Facebook dengan mencari supplier di Shopee.

Misalnya, kamu akan menjual produk Al Quran hafalan, setelah kamu mendapatkan supplier dan sudah membuat akun toko di Shopee, selanjutnya kamu bisa cek kata kunci turunan apa saja yang bisa digunakan untuk dipakai di toko kamu.

Riset menggunakan tools Shopix dan hasil yang didapatkan seperti gambar di bawah ini.


 

Riset Keywords Via Shopix

Riset Keywords via Shopix



Untuk kata " Alquran Hafalan," hasil riset diketahui ada 11.836 pencarian tiap bulannya atau 394 pencarian per harinya. Bila produk kamu tampil di halaman utama pencarian tersebut, peluang terjadinya penjualan akan sangat tinggi.

Kata Kunci Produk Utama :
  • Alquran Hafalan

Kata Kunci Produk Turunan :
  • Alquran hafalan per juz
  • Alquran hafalan al hufaz
  • Alquran hafalan a5
  • Alquran hafalan a6
  • Alquran saku hafalan
  • Alquran hafalan perkata
  • Alquran hafalan anak
  • dan lain-lain

Hasil kata kunci tersebut bisa kamu optimasi dengan cara menyisipkannya pada beberapa hal, pilih yang paling relevan dan volume pancariannya paling banyak, misalnya :
  • Nama Produk
  • Deskripsi Produk
  • Hashtag Produk

Demikianlah ulasan singkat mencari peluang usaha di marketplace shopee, dengan cara meriset kata kunci produk yang paling banyak dicari di marketplace shopee.

Yang selanjutnya bisa dikembangkan menjadi ide untuk menjual produk-produk yang relevan dengan kata kunci, yang didapat dari hasil riset.

Semoga informasi ini bermanfaat buat kamu yang ingin berjualan produk di marketplace, atau yang sudah berjalan berjualan di shopee. Terima Kasih.


Baca Juga: Cara Research Keyword Yang Benar Untuk Content Creator