Milenial Wajib Coba! 4 Ide Bisnis Kreatif di Era Digital

4 Ide Bisnis Kreatif di Era Digital Ilustrasi. Image by Canva

4 Ide Bisnis Kreatif di Era Digital Ilustrasi. Image by Canva

Like

Be-emers, di era digital ini banyak peluang bisnis tercipta khususnya dari hal-hal yang sebelumnya tidak pernah diduga. Tidak perlu mengeluarkan banyak modal, bahkan ide-ide yang sudah Be-emin rangkum ini hanya perlu membutuhkan niat dan ide kreatif untuk memulainya.

Kondisi Pandemi Covid-19 seperti saat ini, yang memaksa banyak orang bekerja dari rumah juga semakin membuka peluang untuk Be-emers menjalankan beberapa ide bisnis ini.

Untuk menjalankan bisnis di era digital ini, kolaborasi dengan teman, keluarga terdekat, atau relasi juga bisa kalian lakukan lho Be-emers. Selain bisa membesar pasar jualan, kalian juga akan semakin banyak mendapat masukan-masukan yang bisa membuat bisnis kalian semakin berbeda daripada bisnis yang sudah dijalankan oleh orang lain.

Nah, kali ini Be-emin sudah merangkum 5 ide bisnis di era digital yang cocok dijalankan oleh kaum milenial.

1. Jasa Pembuat Konten Digital


Bisnis yang satu ini bergerak dibidang jasa, memang terkesan sepela bagi orang awam. Tapi siapa sangka, lini bisnis ini jika ditekuni dengan baik bisa menghasilkan cuan hingga puluhan bahkan ratusan jutuan rupiah.

Memang saat ini banyak juga pesaing dalam bisnis ini, namun inovasi dan hasil yang lebih kreatif pastinya akan membuat produk yang kalian hasilkan akan lebih maksimal. Penting juga bagi Be-emers untuk melakukan riset, mengamati pesaing, dan selalu melakukan inovasi.

Seidikit tips agar Be-emers sukses di bidang jasa pembuatan konten ini, kalian harus mau mengeksplore minat dan kapasitas diri. Untuk bidang pembuatan konten khususnya, skill dalam menulis skrip, konten video, design, dan foto harus selalu diasah.

Contoh sederhana, dari jasa pembuatan konten adalah keahlian dalam menulis dan membuat caption foto saat upload di media sosial. Hanya berbekal smarthphone dan koneksi internet untuk melakukan riset kata-kata menarik maka uang akan datang sendiri menghampiri kita.

Dalam menjalankan bisnis ide, kalian bisa penawaran harga sesuai dengan portofolio yang kalian buat sebelumnya terkait konten yang akan kalian buat untuk membuat sosial media pembeli lebih menarik. Kalian bisa membuatkan moodboard, memberikan ide konten dan contoh design.

Untuk harga jasa, Be-mers bisa membuat promo-promo yang menarik atau bisa membuat kesepakatan dalam jangka waktu tertentu agar calon pembeli juga bisa menyesuaikan dengan biaya penjualan mereka.

Yang jelas Be-emers harus mematok harga yang bersaing, dan tetap mejaga kualitas agar selain mendapatkan cuan, pemakai jasa kita juga bisa menjadi langganan.

 

4 Ide Bisnis Kreatif di Era Digital Ilustrasi. Image by Canva

4 Ide Bisnis Kreatif di Era Digital Ilustrasi. Image by Canva



2. Jasa Pengelolaan Akun Sosial Media

Kalau yang pertama tadi adalah pembuat konten, yang kedua ini adalah jasa untuk mengelola akun media sosial. Dari dua ide ini kalian juga bisa menggabungkannya agar lebih menarik bagi calon pengguna jasa kalian.

Bisnis jasa pengelola media sosial ini juga sangat cocok bagi generasi milenial. Kenapa? Ya jelas karena generasi milenial saat ini hamper semuanya sudah sangat akbrab dan paham dengan seluk beluk teknologi atau fitur-fitur dalam sosial media. Selain itu, anak muda saat ini sangat responsif terhadap perubahan tren yang sedang ada di media sosial.

Potensi pendapatan dari bisnis jasa pengelolaan akun sosial media juga tidak bisa dipandang sebelah mata, karena berpotensi memiliki banyak pelanggan akibat semakin banyaknya perusahaan yang mulai tertarik untuk mengelola brand awarness di dunia maya.

Dalam menjalani bisnis ini pada awal-awal, Be-emers bisa mematok harga yang bersaing untuk mendapatkan langganan. Harga jasa yang pas akan sangat menentukan banyaknya calon pembeli yang nantinya akan menjadi langganan.

Sebagai tips, sebagai pengelola akun media sosial Be-emers harus selalu membuatkan jadwal yang tepat dengan konten yang pas agar brand awarness dari produk pengguna jasa selalu meningkat dan selalu mengalami kenaikan tren.

3. Jualan Snack Kekinian

Menekuni bisnis di era yang semakin maju juga selalu membutuhkan inovasi yang menarik dan selalu mengikuti perkembangan tren. Ide jualan snack kekinian yang dimaksud di sini adalah menjual snack yang sudah dilakukan inovasi dengan bahan baku, kemasan unik, ataupun cara marketing yang menarik.

Contoh mudahnya adalah produk gorengan pisang, dari dulu kita tau jika pisang goring ya sedikit manis. Nah dari produk ini banyak anak muda yang kemudian melakukan inovasi dengan mengembangkan bahan baku seperti dijadikan pisang nugget, pisang goreng kremes, pisang goreng toping, dan lain-lain.

Dari pengembangan produk yang menjadi lebih menarik ini tentunya juga akan mendatangkan peluang keuntungan yang lebih besar.

4. Jasa Travel Planner

Kalau kata anak Jaksel sekarang Generasi Milenial itu butuh Healing! Hahaha.

Memang secara harafiah healing itu artinya penyembuhan, tapi di kalangan anak muda sekarang healing bisa diartikan pergi liburan sebagai pengusir kebosanan atau kepenatan dari aktivitas sehari-hari.

Nah, tren ini tanpa disadari juga membuka peluang baru untuk ide bisnis yaitu Jasa Travel Planner. Modal utama menjalan bisnis ini adalah riset! Dengan melakukan riset terkait lokasi-lokasi liburan yang baru dan menarik serta keahlian untuk mengatur jadwal dan menejemen waktu bisa menjadi keunggulan bagi produk kalian.

Agar bisnis jasa travel planner ini semakin berkembang, jangan lupa menggunakan sistem pemasaran digital melalui website dan sosial media. Produk yang detail dan memberikan informasi yang jelas dalam bidang ini pastinya akan mendatangkan pelanggan yang banyak.

Itu tadi 4 rekomendasi ide bisnis kreatif di era digital yang bisa dicoba oleh generasi milenial. Kalau menurut Be-emers bisnis mana nih yang cocok buat kalian coba? Atau kalian ada ide menarik lainnya? 

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.