Ide Bisnis Menghasilkan Cuan untuk Mahasiswa

Ide bisnis untuk mahasiswa ilustrasi. Image Canva

Ide bisnis untuk mahasiswa ilustrasi. Image Canva

Like

Bagi seorang pemula dalam menjalankan usaha, bermodal nekat dan tidak takut gagal mungkin harus selalu ditanamkan diawal. Terlebih bagi seseorang yang  masih masih muda khususnya para mahasiswa, seharusnya tidak menjadi beban berat saat akan memulai bisnis kecil-kecilan.

Namun demikian motivasi dalam menjalankan usaha juga harus kuat agar dalam menjalankan usaha para mahasiswa ini selalu konsisten di tengah kesibukan dan banyaknya tugas-tugas. Bagi Be-emers yang masih duduk di bangku kuliah, kalian bisa banget mencari cuan untuk memulai bisnis dari hal-hal kecil.Dari keterampilan yang kalian miliki dan tekuni, atau dari hobi kalian selama ini.

Dengan menjalankan bisnis dari hal yang kita sukai maka kita juga akan tidak merasa tertekan dan senang dalam menjalaninya. Pun, saat ada kegagalan anggap saja hobi dan keterampilan kita ini sedang mengalami sedikit masalah lalu bangkit dan menjalaninya kembali.

Masalah yang akan banyak timbul saat menjalankan usaha bagi mahasiswa adalah cara membagi waktu antara menjalankan bisnis dan mengerjakan tugas yang banyak, apalagi ketika Be-emers sudah ada di semester akhir.

Nah sedikit tips, selain harus bisa melakkukan manajemen waktu yang sangat baik, Be-emers juga bisa menjalankan bisnis ini bersama teman, keluarga, dan relasi. Kenapa? Ya tentu, sedikit banyak hal ini akan mempermudah kalian dalam menjalankan bisnis dan membagi waktu mengerjakan tugas.


Kalau Be-emers sudah menjalankan bisnis, sebagai promosi gratis kalian bisa juga lho memanfaatkan teman-teman kuliah menjadi media untuk promosi. Kalian bisa menjual produk kepada teman, atau meminta tolong teman untuk ikut mempromosikan produk kalian.

Menjalankan bisnis saat masih menjadi mahasiswa ini juga akan sangat membantu kalian dalam melatih pola pikir, salah satunya cara menyelesaikan masalah atau problem solving. Yang lebih enaknya dan lebih membanggakan lagi, kalian bisa mencari uang jajan sendiri tanpa perlu merepotkan orang tua lagi. Lebih lagi ketika bisnis yang kalian jalani ini memiliki keuntungan besar bisa juga kalian gunakan uang hasil keringat kalian untuk membiayai kuliah kalian sendiri.

Berikut Be-emin coba rangkum dan kasih referensi bagi kalian mahasiswa yang ingin memulai menjalani bisnis tapi masih bingung sektor usaha apa yang bisa kalian jalankan.
 
Jenis Usaha
Jualan Pakaian Preloved
Reseller
Catering/ Makanan Online
Penerjemah
Jasa Foto
Desainer
Jasa Les/ Kursus
Online Shop
Jasa Gambar
Servise Komputer
Jual Pulsa dan Paket Data
Interior Design
Asisten Dosen
Jasa Pembuat Konten Media Sosial

Jadi, udah siap memulai bisnis yang mana nih Be-emers?

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.