Diadakan Setiap Tahun, Yuk Intip Sejarah Fashion Week

Intip Sejarah Fashion Week Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Intip Sejarah Fashion Week Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Like

Dari Paris hingga New York, pekan peragaan busana atau Fashion Week memang selalu berhasil mencuri perhatian banyak orang. Nah, seperti apa sih sejarah dari Fashion Week yang diadakan setiap tahunnya itu?

Peragaan busana memang enggak hanya memamerkan pakaian hasil rancangan desainer. Lebih dari itu, peragaan busana juga bisa mempengaruhi tren fashion lho.

Apalagi, jika peragaan busana tersebut diadakan secara besar-besaran seperti halnya Fashion Week yang digelar di kota-kota besar seperti New York, Milan, Paris, Berlin, Seoul, hingga London. Bahkan, dilansir dari The New York Times, Fashion Week yang diadakan di kota New York, Paris, London, dan Milan menjadi yang terbesar di dunia.

Banyak wisatawan hingga selebriti yang berdatangan ke kota-kota tersebut hanya untuk melihat Fashion Week dan sejumlah koleksi busana rancangan para desainer ternama. Oh iya, pakaian-pakaian dan brand yang dipamerkan dalam Fashion Week juga melalui kurasi resmi dari masing-masing penyelenggara nih, Be-emers.

Baca Juga: Yuk Ketahui Sejarah Singkat Ajang Fashion Met Gala!




Konsep Fashion Show Lahir di Paris
Kamu tahu enggak sih? Ternyata, sebuah peragaan busana enggak hanya menjadi ajang untuk memamerkan hasil rancangan desainer lho.

Dikutip dari laman Fashionista.com, dulu sebuah fashion show sekaligus menjadi sebuah ajang marketing berskala kecil untuk menarik klien kaya raya agar membeli koleksi terbaru dari rancangan busana para desainer.

Konsep fashion show pun pertama kali berkembang di Kota Paris, Perancis. Kota Paris memang terkenal dengan karya-karya seninya yang menawan, termasuk dalam hal fashion.

Di Paris, sebuah pagelaran busana disebut défilés de mode, yang mana memiliki arti “parade busana” nih, Be-emers.

 

Konsep Fashion Show Lahir di Paris Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Konsep Fashion Show Lahir di Paris Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Kemudian peragaan busana pun mulai diadakan serupa di sejumlah kota besar lainnya di seluruh dunia. Peragaan busana pun menjadi hal yang ditunggu-tunggu.

Antusiasme publik dan para pelaku fashion pun menjadi cikal bakal lahirnya pekan peragaan busana atau Fashion Week nih, Be-emers. Dilansir dari laman Teen Vogue, Fashion Week adalah sebuah event dimana para desainer dan industri fashion papan atas mempresentasikan koleksi mereka yang akan datang dalam serangkaian pertunjukan busana.

 

NYFW Jadi Fashion Week Pertama di Dunia

Meski konsep peragaan busana berasal dari Paris, Teen Vogue menyebutkan bahwa Fashion Week resmi justru pertama kali digelar di kota New York, Amerika Serikat lho! meski begitu, awalnya Fashion Week justru dimulai sebagai “Press Week” nih, Be-emers.

Kok bisa?

Jadi, saat puncak Perang Dunia II -tepatnya pada tahun 1943, para media di Amerika Serikat enggak bisa pergi ke Paris. Padahal, mereka berniat untuk melihat koleksi musim berikutnya di kota yang sudah dikenal sebagai pusat fashion trend dunia.

Nah, gara-gara hal itu, Amerika Serikat pun jadi punya kesempatan untuk mengadakan peragaan busana akbar sendiri dan enggak kalah ramai dengan yang diadakan di Paris. Fashion Publicist Eleanor Lambert memutuskan untuk mengelompokkan acara-acara ini ke dalam kerangka waktu tertentu menjadi “Fashion Press Week” dan diselenggarakan di berbagai tempat di seluruh Kota New York.

 

NYFW Jadi Fashion Week Pertama di Dunia Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

NYFW Jadi Fashion Week Pertama di Dunia Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Alhasil, “Press Week” pun berubah menjadi “Fashion Press Week.” Adapun, sebenarnya di tahun 1903, laman Fashion Week Online menyebutkan bahwa peragaan busana pertama di Amerika Serikat digelar di sebuah speciality store bernama Ehrich Brothers.

Konsep New York Fashion Week pun mengalami perubahan dari waktu ke waktu:
  • Tahun 1943: Kelompok musiman dan masih di bawah naungan New York Dress Institute
  • Tahun 1990an: “Fashion Press Week” mulai disebut sebagai “New York Fashion Week” (NYFW) mengikuti “London Fashion Week.”
  • Tahun 1993: New York Fashion Week masuk sebagai anggota grup The Council of Fashion Designers of America (CFDA)
  • Saat ini: pertunjukan NYFW masih dikelompokkan secara musiman, tetapi diselenggarakan oleh berbagai produser, seperti IMG hingga indie desainer Alexander Wang.

Baca Juga: Viral di Media Sosial, Erigo Jadi Brand Lokal yang Eksis Hingga New York Fashion Week (NYFW)

Setelah New York Fashion Week, Italia juga enggak mengikuti jejaknya. Tepatnya di Kota Milan, organisasi bisnis Chamber of Commerce menggelar Milan Fashion Week untuk pertama kalinya di Italia.

 

Fashion Week Illustration Bisnis Muda - Image: Canva

Fashion Week Illustration Bisnis Muda - Image: Canva


Paris Fashion Week pun secara resmi dimulai untuk pertama kali pada tahun 1973, di bawah naungan French Fashion Federation. Sebelas tahun kemudian, London Fashion Week yang diinisiasi oleh British Fashion Council.

Fashion Week pun menjadi acara tahunan yang diselenggarakan secara besar-besaran di setiap negara. Bahkan, di Indonesia sendiri, pagelaran Jakarta Fashion Week rutin dilakukan setiap tahunnya dan menampilkan hasil karya desainer lokal hingga mancanegara nih, Be-emers.

Gimana menurut kamu, Be-emers?

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung