Mengenal Istilah IDR saat Belanja Online

Ilustrasi penulisan kode unik mata uang IDR. Image Canva

Ilustrasi penulisan kode unik mata uang IDR. Image Canva

Like

Sering kali kita melihat harga saat akan belanja online itu tidak tertera dalam Rupiah atau (Rp), tidak hanya itu banyak juga sekarang toko offline yang menggunakan istilah penulisan yang sama.

Penulisan IDR dalam tag harga biasanya diikuti dengan nominal missal IDR 50K, IDR 100K, dan seterusnya. Padahal kan dalam setiap pembayaran kita bayarnya tetap pakai mata uang rupiah, lalu apa bedanya sih istilah IDR dengan Rupiah atau (Rp).

Nah Be-emers, ternyata IDR itu istilah yang sama dengan Rupiah. Kepanjangan IDR adalah Indonesia Rupiah. Rupiah sendiri adalah mata uang resmi negara Indonesia.

IDR adalah kode mata uang unik Rupiah Indonesia di bawah kode ISO 4217. Para pedagang dan masyarakat luas saat ini juga telah menggunakan istilah IDR untuk mendiskripsikan harga barang atau jasa yang mereka jual.

Menurut kode negara ISO 3166-1 alpha-2 country codes, dua huruf pertama yaitu ID merupakan kode negara Indonesia. Sedangkan huruf ketiga yaitu R adalah singkatan dari Rupiah.


Untuk penulisannya IDR dituliskan di depan angka. Penulisan kode mata uang di depan angka nominal ini dengan diberi jarak 1 spasi.

Berikut ini contoh penulisan dengan menggunakan kode IDR ya Be-emers.

IDR 150.000 berarti sama dengan Rp 150.000,-
IDR 21,5 juta berarti sama dengan Rp 21.500.000,-
IDR 270 K berarti sama dengan Rp 270.000,-

 

Ilustrasi penulisan kode unik mata uang IDR saat belanja online. Image Canva

Ilustrasi penulisan kode unik mata uang IDR saat belanja online. Image Canva




Be-emers kalau kita flashback, Rupiah Indonesia sendiri pertama kali terlihat dan beredar pada Oktober 1946. Saat itu Rupiah merupakan salah satu dari sejumlah mata uang yang beredar di pasaran. Mata uang lain yang beredar sebelum dan bersamaan dengan awal kemunculan Rupiah adalah gulden Hindia Belanda, gulden versi Jepang, dan lain-lain.

Lalu antara tahun 1950 dan 1951, mata uang selain Rupiah ini nilainnya mengalami penurunan dan IDR menjadi satu-satunya mata uang resmi Indonesia setelah merdeka dari kolonialisasi Belanda. Bentuk awal mata uang Rupian dulu berupa koin, pada tahun 1965, uang kertas rupiah yang baru diperkenalkan dan dipergunakan.

Jika tadi sudah dibahas IDR adalah kode mata uang unik di bawah kode ISO 4217, Be-emers sudah tahu belum ISO 4217 itu apa?

ISO 4217 itu adalah standar mata uang pertama kali dipublikasikan oleh Organization for Standardization pada tahun 1978, ISO 4217 berisi daftar kode mata uang (currency code), kode dana (fund code) dan daftar denominasi mata uang dan dana.

Mata uang menurut standar ini terdiri atas tiga huruf, dua huruf pertama adalah kode negara, sementara huruf ketiga adalah singkatan nama mata uang.

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.