Ramai Soal PFW, Ini Deretan Gelaran Fashion Week Lokal di Indonesia yang Tidak Kalah Keren

Gelaran Jember Fashion Carnival. Foto: Official Instagram Jember Fashion Carnival

Gelaran Jember Fashion Carnival. Foto: Official Instagram Jember Fashion Carnival

Like

Fashion Week belakangan kembali ramai diperbincangkan oleh netizen Indonesia, pemicunya tentu gelaran Paris Fashion Week 2022 yang berlangsung di Carrousel du Louvre pada 28 Februari-8 Maret 2022 lalu. Kemunculan berbagai brand kecantikan sampai brand makanan asal Indonesia yang klaim ikuti gelaran Paris Fashion Week 2022 atau kerap disebut PFW ini memicu banyak komentar publik.

Terlepas dari berbagai keramaian PFW, Be-emers tahu nggak sih kalau di Indonesia sebenarnya juga lho kegiatan serupa dengan tajuk Indonesia Fashion Week.yang juga rutin digelar setiap tahun. Bahkan ternyata banyak juga setiap daerah di Indonesia juga memiliki agenda fashion week Lho. Tidak kalah dengan gelaran fashion week di luar negeri, kegiatan dan karya-karya dari desainer lokal Indonesia pada setiap gelaran fashion week juga sangat keren.

Gelaran-gelaran fashion week di daerah ini juga seringkali menjadi daya tarik wisata tersendiri karena masing-masing daerah tentunya memiliki ciri khas dan tema yang berbeda. Pemerintah daerah pun juga merespon kegiatan fashion week lokal sebagai salah satu bentuk pendukung program-program pemerintah khususnya dalam pengembangan industri kreatif terutama bidang fashion, UMKM, dan Pariwisata.

Dalam artikel ini Be-emin mencoba merangkumkan sejumlah gelaran fashion week daerah yang patut kita apresiasi.

1. Jakarta Fashion Week


Dikutip dari website resmi Jakarta Fashion Week, gelaran ini merupakan pekan mode tahunan terbesar di Indonesia yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008.
Sejak penyelenggaraan pertama di tahun 2008, Jakarta Fashion Week secara konsisten menjadi biduk bagi industri mode Indonesia.  Jakarta Fashion Week merupakan platform universal bagi pelaku industri mode yang ingin dikaitkan dengan desain, gaya, dan tren mode terkini.
 
Dengan reputasi dan pengaruh yang sudah lama terbangun, Jakarta Fashion Week berpotensi mengantarkan industri mode Indonesia untuk memasuki pasar mode dunia. Dampak dan jangkauan Jakarta Fashion Week telah diakui oleh para profesional di industri mode, seperti jurnalis, buyer, fotografer, stylist, bahkan model-model internasional yang menjadikan acara tahunan ini semakin populer. 

 

Gelaran Jakarta Fashion Week. Foto: Official Website Jakarta Fashion Week

Gelaran Jakarta Fashion Week. Foto: Official Website Jakarta Fashion Week


2. Jogja Fashion Week

Ajang fashion bergengsi nasional di kota Gudeg ini biasa disebut Jogja Fashion Week (JFW). Jogja Fashion Week juga rutin diadakan setiap tahun, namun karena pandemic beberapa tahun terakhir gelaran JFW digelar secara online.

Tahun lalu, pada 25-27 November 2021 kembali di gelar secara offline dan dilangsungkan di venue Jogja National Museum (JNM) dengan mengusung tema The New Beginning.

Selain sebagai daya tarik wisata dan sebagai memulihkan pariwisata di Jogja, gelaran JFW ini masuk dalam program promosi perdagangan luar negeri dimana proses dimulai dari seleksi hingga kurasi produk agar mampu memenuhi standar ekspor dan go global.

 

Gelaran Jogja Fashion Week. Foto: Official Instagram Jogja Fashion Week

Gelaran Jogja Fashion Week. Foto: Official Instagram Jogja Fashion Week



3. Malang Fashion Week

Malang Fashion Week juga merupakan pagelaran rutin fashion dengan tema beragam setiap tahunnya. Tahun 2021 Malang Fashion Week mengusung tema 'Reborn' yang memiliki makna lahir kembali. Hal ini sebagai simbol kembalinya semangat dan rasa optimisme untuk terus berkarya kreatif, inovatif dan produktif, terlebih dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

Event persembahan Indonesian Fashion Chamber (IFC) Chapter Malang tersebut tak hanya menyajikan fashion show semata, melainkan banyak sederet kegiatan yang menyertai. Mulai dari pameran produk fashion dan produk UMKM dan display artistik fashion item.

Malang Fashion Week 2021 dinilai sebagai salah satu bentuk mendukung program-program pemerintah daerah di Malang Raya. Khususnya dalam pengembangan industri kreatif terutama bidang fashion di Malang Raya dan secara umum di Jawa Timur.

4. Jember Fashion Carnival

Berbeda konsep yang biasanya digelar di runway dalam gedung, Jember Fashion Carnaval atau sering disebut JFC adalah sebuah even karnaval busana yang setiap tahun digelar di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Karnaval ini pertama kali digagas oleh Dynand Fariz yang juga pendiri JFC Center. Setiap tahunnya kurang lebih sebanyak 2.000-an peserta berkarnaval dalam 4 hari penyelenggaraan event meliputi Kids Carnival, Artwear Carnival, Waci, dan Grand Carnival.

Carnival fashion ini biasa di gelar jalan utama kota Jember dengan runway jalan raya sepanjang 3,6 kilometer. Karena sangat terkenal dengan konsep busana yang sangat unik, gelaran JFC ini juga sudah dikenal luas di kalangan fashion internasional. Banyak desainer, hingga fotografer luar negeri antusias menhadiri dan menonton langsung gelaran ini tiap tahunnya.

 

Gelaran Jember Fashion Carnival. Foto: Official Instagram Jember Fashion Carnival

Gelaran Jember Fashion Carnival. Foto: Official Instagram Jember Fashion Carnival




5 Bandung Fashion Work 

Di Kota Kembang Bandung, gelaran fashion rutin ini disebut Bandung Fashion Works atau BFW. BFW merupakan program Disbudpar Kota Bandung yang menjadi sebuah wadah berkumpulnya para penggiat fesyen lokal.

Bandung Fashion Works juga merupakan salah satu rangkaian dari Bandung Broadway yang didalamnya akan menyuguhkan berbagai acara menarik dari berbagai sub-sektor kreatif.


 

Gelaran Jakarta Fashion Week. Foto: Official Website Jakarta Fashion Week

Gelaran Jakarta Fashion Week. Foto: Official Website Jakarta Fashion Week


 

Yuk, sharing di kolom komentar atau tulis aja pengalaman kamu di Bisnis Muda dengan klik “Mulai Menulis”.

Gabung juga yuk di komunitas Telegram kami! Klik di sini untuk bergabung.